Jakarta Jadi Kota Pertama dari Asia Tenggara yang Gabung World Cities Culture Forum

- 24 Juni 2024, 16:30 WIB
Langit Jakarta Rabu (20/3) / Foto Daniel
Langit Jakarta Rabu (20/3) / Foto Daniel /

KabarDKI.com - Jakarta menjadi kota pertama di Asia Tenggara yang menjadi bagian dari World Cities Culture Forum (WCCF). WCCF sendiri merupakan jaringan kota global yang beranggotakan 40 kota dari seluruh dunia.

Menurut Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta, Andhika Permata mengatakan hal tersebut menjadi cara untuk mempromosikan Jakarta dari segi pariwisata, seni, dan budaya.

Baca Juga: Jadwal Lengkap Konser Musik di Jakarta Fair 2024

"Sekaligus untuk menjawab tantangan perkotaan yang semakin kompleks, sekaligus meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui sektor pariwisata dan budaya," terangnya seperti dikutip dari Antara.

Keanggotaan di WCCF juga membuka peluang Jakarta untuk berkolaborasi, pertukaran ide, dan inovasi dengan 40 anggota lainnya. 

"Kuncinya menempatkan sektor budaya sebagai salah satu jantung perencanaan kota dan investasi," ujar Kepala Dinas Kebudayaan DKI Jakarta, Iwan Henry Wardhana.

Bergabungnya Jakarta ke WCCF disambut positif oleh Ketua WCCF, Justine Simons OBE. Simons menanti kerja sama Jakarta dengan anggota WCCF lainnya demi mewujudkan diri sebagai Kota Global.

Baca Juga: Lolos ke 16 Besar Euro 2024, Jerman Malah Dapat Kabar Buruk

"Melalui forum ini, kami menggunakan kekuatan untuk mengatasi tantangan abad ke-21. Kami nantikan kerja sama dengan kota Jakarta untuk mendukung pertumbuhannya sebagai ibu kota budaya global," jelasnya.***

Editor: Endah

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah