Polusi Udara Jakarta Memprihatinkan, Bagaimana Nasib Tumbuh Kembang Anak?

- 27 Juni 2024, 10:00 WIB
Polusi Udara Jakarta Memprihatinkan, Bagaimana Nasib Tumbuh Kembang Anak?
Polusi Udara Jakarta Memprihatinkan, Bagaimana Nasib Tumbuh Kembang Anak? /

KabarDKI.com - Polusi udara Jakarta saat ini begitu memprihatinkan, hal ini membuat tumbuh kembang anak-anak turut berpengaruh. Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) melihat tingginya 'racun udara' di Ibu Kota membawa sejumlah dampak buruk.

“Polusi udara yang terjadi di kota-kota besar termasuk di Jakarta memang sangat memprihatinkan. Udara yang seharusnya bersih untuk dihirup dan memenuhi paru-paru tiap individu yang hidup, apalagi anak-anak itu harus bersih,” kata Dokter Spesialis Penyakit Tropik Anak IDAI DR. Dr. Ari Prayitno, Sp.A (K) dikutip dari ANTARA.

Ari menyayangkan kualitas udara di Jakarta yang memburuk menyebabkan munculnya banyak partikel berbahaya. Hal ini bisa meningkatkan risiko individu terkena berbagai macam penyakit.

Baca Juga: Cegah Polusi, ASN di Pemkot Jakarta Pusat Diimbau Gunakan Kendaraan Listrik

Sebagai contoh seperti infeksi saluran pernapasan atas (ISPA) dan adanya infeksi lain yang disebabkan oleh masuknya mikroorganisme asing dalam tubuh berupa virus atau baktersi saat udara sengan kering dan berpolutan tinggi.

Menurutnya, infeksi akan semakin parah jika orang yang tinggal di daerah tersebut memiliki penyakit penyerta seperti asma. Kondisi kesehatan juga dapat makin memburuk bila pihak keluarga ada yang merokok atau rutin memasak dalam ruangan yang tidak memiliki ventilasi yang baik.

“Ini tugas kita bersama karena kalau polusi tidak diatasi maka kesehatan paru-paru kita, terutama anak-anak itu akan memburuk. Terlebih paru-paru anak-anak kita itu masih dalam tubuh dan kembang makanya polusi ini akan berdampak cukup luas pada anak anak kita,” katanya yang juga menjabat sebagai Ketua Bidang Organisasi Pengurus Pusat IDAI itu.

Baca Juga: Tekan Polusi, Pemprov DKI Gencar Siram Jalan dan Perbanyak Kabut Air

Selain itu, kata Ari, polusi udara secara tidak langsung juga menjadi salah satu penyebab anak terkena stunting. Kualitas udara yang buruk akibat polusi rentan membuat anak-anak jatuh sakit, sehingga hal ini berdampak pada minat untuk mengonsumsi makanan. Akibatnya, asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh berkurang drastis dan menyebabkan anak kekurangan gizi kronis.

Halaman:

Editor: Tatang Adhiwidharta

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah