Siap Lahap Pasar Asia, Tetra Pak Berinovasi Kembangkan Pasar Minuman Ready-to-Drink

- 20 Juni 2024, 13:22 WIB
Siap Lahap Pasar Asia, Tetra Pak Berinovasi Kembangkan Pasar Minuman Ready-to-Drink
Siap Lahap Pasar Asia, Tetra Pak Berinovasi Kembangkan Pasar Minuman Ready-to-Drink /KabarDKI/Arnelia Triwardini

KabarDKI.com - Tetra Pak, perusahaan pengolahan dan pengemasan makanan dan minuman terkemuka di dunia, Rabu (19/01) memperkenalkan potensi pertumbuhan segmen Ready to Drink (RTD) melalui acara Innovation Starts Here.

Acara ini mempertemukan para pelaku industri makanan dan minuman guna mengeksplorasi peluang pertumbuhan pasar dan strategi bisnis RTD yang berkembang pesat di Malaysia, Singapore, Philipines, Indonesia.

Baca Juga: MenKopUKM: Ekosistem UMKM Ikan Hias Harus Kuat dan Inovatif Agar Tembus Pasar Global

Data menunjukkan, pasar RTD pada tahun ini mencapai US$2,2 triliun dan diharapkan mengalami pertumbuhan kumulatif tahunan (CAGR) lebih dari 5% pada tahun 2028 mendatang. Meningkatnya mobilitas masyarakat yang sejalan dengan perubahan gaya hidup yang cepat dan sibuk saat ini, menjadi faktor pendorong akan tingginya permintaan makanan dan minuman yang praktis dan mudah diakses. Hal ini membuat tren konsumsi makanan dan minuman on-the-go juga semakin populer, dan sejalan dengan banyaknya produk siap saji dan mudah dikonsumsi.

Asia Tenggara menunjukkan lanskap pasar yang unik, di mana minuman RTD berbasis teh dan kopi telah menjadi salah satu pilihan konsumen. Laporan menunjukkan, bahwa pasar teh dan kopi RTD di wilayah ini diproyeksikan akan mengalami pertumbuhan, mencapai US$8,7 miliar pada tahun 2028 mendatang. Pertumbuhan ini didorong CAGR sebesar 7,58%, yang menandakan pasar yang dinamis dan sangat menguntungkan. Pertumbuhan ini menegaskan pentingnya Finovasi dalam mempertahankan dan mempercepat pertumbuhan ini.

Memahami akan dinamika yang unik ini, Innovation Starts Here membahas tantangan yang terus berkembang yang dihadapi oleh industri makanan dan minuman di mana konsumen muda menuntut lebih banyak dari minuman mereka. Hal ini mencakup permintaan yang semakin meningkat untuk pilihan yang lebih sehat, kenyamanan dan kemudahan, dan kemasan yang mendukung keberkelanjutan.

Baca Juga: PT Bank Syariah Indonesia Gandeng Qasir.id Dorong Digitalisasi 24 Ribu UMKM

John Jose, Marketing Director, Tetra Pak Malaysia, Singapore, Philippines and Indonesia, mengatakan “Di Tetra Pak, kami selalu mengedepankan inovasi dalam menjawab peluang dan tantangan di industri makanan dan minuman. Kami fokus pada upaya pengembangan solusi unggulan di industri ini, yang membantu menjawab tantangan bisnis apa pun yang dihadapi pelanggan kami. Ini termasuk mengidentifikasi peluang dan menghadirkan rencana go-to-market untuk produk-produk baru atau bahkan meningkatkan efisiensi operasional. Melalui acara hari ini, Tetra Pak dan pelaku industri makanan dan minuman optimis bisa terus meningkatkan potensi pasar RTD di kawasan ini, " ungkap John Jose.

Melalui Innovation Starts Here, Tetra Pak memaparkan pandangan dan solusi terbaru yang memungkinkan pelanggan untuk menghadapi tantangan pasar dengan rangkaian solusi end-to-end termasuk layanan pemasaran yang komprehensif. Ini termasuk pengenalan konsep -Demand Spaces- di mana hasil dari konsep tersebut dapat memberdayakan merek makanan dan minuman sehingga bisa berinovasi dengan lebih baik. Dengan memahami kebutuhan tersebut, perusahaan makanan dan minuman akan dapat mengidentifikasi peluang dalam portofolio produk mereka yang sudah ada, dan dapat mengembangkan produk-produk inovatif dengan rasa baru yang sesuai dengan selera konsumen.***

Editor: Oktafian Wahyu Nugroho


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah