Petani dari IKN Serap Ilmu Urban Farming di Cipinang Besar Utara Jakarta Timur

- 30 Mei 2023, 16:17 WIB
Petani dari IKN Serap Ilmu Urban Farming di Cipinang Besar Utara Jakarta Timur
Petani dari IKN Serap Ilmu Urban Farming di Cipinang Besar Utara Jakarta Timur /Nugroho Sejati - Beritajakarta

KabarDKI.com - Enam petani dari IKN atau Ibu Kota Nusantara, tepatnya dari Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur dan pakar bidang pertanian melakukan kunjungan ke Kelompok Tani (Poktan) Ampar Adhum di RW 08, Kelurahan Cipinang Besar Utara, Jatinegara, Jakarta Timur, pada Selasa 30 Mei 2023.

Kunjungan ini dilakukan guna mempelajari implementasi pertanian perkotaan atau dikenal urban farming di DKI Jakarta. Nantinya, pengetahuan yang didapatkan bisa dikembangkan di kawasan IKN.

Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Direktorat Ketahanan Pangan Kedeputian Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI, Setia Lenggono mengatakan, pihaknya sebagai bagian dari Otorita IKN mengajak langsung para petani ke salah satu poktan binaan Dinas KPKP DKI Jakarta untuk melihat pengembangan urban farming.

Baca Juga: Sebelum Pilih, Yuk Kenali 5 Fakta Logo IKN dan Nama Pembuatnya

"Ini sifatnya sebagai edukasi. Kebetulan mereka adalah petani konvensional yang tengah mengembangkan urban farming," kata Setia Lenggono dikutip dari Beritajakarta.

Dijelaskan Setia, pengembangan urban farming sejalan dengan visi pembangunan IKN ke depan yang berorientasi ke green city. Adapun konsepnya, 75 persen lahan di kawasan IKN akan diperuntukkan bagi pengembangan kawasan hijau dan hanya 25 persen dialokasikan untuk pembangunan.

Dengan konsep pembangunan yang demikian, Setia berharap para petani yang hadir ini bisa memetik pelajaran dan mampu mengembangkannya di daerah asal.

Menurutnya, penerapan IT pada urban farming yang dikembangkan Poktan Ampar Adhum juga sebuah hal baru yang bakal menarik minat generasi muda di kawasan sekitar IKN menjadikan bercocok tanam sebagai profesi.

Halaman:

Editor: Tatang Adhiwidharta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x