Sejarah Ibadah Kurban dan Peristiwanya dalam Al-Quran

- 29 Juni 2023, 07:36 WIB
Sejarah Ibadah Kurban dan Peristiwanya dalam Al-Quran
Sejarah Ibadah Kurban dan Peristiwanya dalam Al-Quran /Pixabay.com/Mabel Amber

KabarDKI.com - Hari Raya Idul Adha sangat lekat dengan kurban, sebuah ibadah sunnah yang dianjurkan dilakukan oleh umat muslim seluruh dunia. Kurban di sini adalah menyembelih hewan ternak yang dagingnya dibagikan baik keluarga atau orang yang membutuhkan.

Untuk hewan kurban bisa berupa sapi, kambing, domba ataupun unta. Nah, jika ditelisik lebih jauh ibadah kurban ini mempunyai sejarah yang panjang.

 

Berikut sejarah ibadah kurban

Kurban berawal dari kisah Nabi Ibrahim AS yang berniat menjalankan perintah Allah SWT. Dikisahkan, ia mendapat perintah lewat mimpi untuk menyembelih anaknya, Ismail AS.

Baca Juga: Begini Tata Cara Penyembelihan Hewan Kurban Idul Adha dari Kaca Mata Sains

Pada saat yang ditentukan, Nabi Ibrahim AS pun melaksanakan perintah Allah SWT. itu. Ia menaruh kepala anaknya sendiri dan siap menyembelihnya, dengan niat yang begitu kuat untuk menjalankan perintah Tuhan tidak hanya ada di dalam hati, Ibrahim AS, tapi juga sang anak yakni Nabi Ismail.

Namun sebelum Nabi Ibrahim AS menyembelih Ismail, posisi sang anak lantas digantikan oleh seekor sembelihan yang besar. Menurut banyak riwayat hadits bahwa hewan tersebut merupakan kambing gibas.

 

Halaman:

Editor: Tatang Adhiwidharta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x