Dunia Alami Kekeringan, Jokowi Pastikan Stok Beras Aman

- 11 September 2023, 13:25 WIB
Presiden Jokowi
Presiden Jokowi /Setkab

KabarDKI.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan stok beras aman. Hal tersebut diungkapkannya saat meninjau Gudang Beras Perum Bulog, Senin, 11 September 2023.

"Ini semua negara sedang mengalami kekeringan, El Nino, termasuk Indonesia. Oleh sebab itu, kita datang ke gudang-gudang Bulog untuk memastikan stok ada, barangnya ada, berasnya ada." ujar Jokowi mengutip keterangan tertulis.

Dari hasil pengecekan tersebut, stok beras Bulog saat ini tercatat 1,6 juta ton. Cadangan Beras Pemerintah (CBP) akan terus ditingkatkan melalui penyerapan beras dalam negeri dan juga pengadaan dari luar, dan sebanyak 400 ribu ton akan masuk dalam waktu dekat.

Baca Juga: Perawatan Kulit dengan Beras, Kenali 5 Manfaatnya

"Stok beras yang ada di Bulog ada 1,6 juta ton, dalam perjalanan ada 400 ribu ton, sehingga akan ada stok 2 juta. Biasanya stok normal 1,2 juta ton, sehingga kita tidak usah khawatir, stok cukup." tegas Jokowi.

Dalam kunjungan tersebut, selain memastikan stok beras, Presiden Jokowi yang didampingi sejumlah Menteri dan Kepala Lembaga juga memastikan bantuan pangan beras berjalan dengan baik.

Dalam kunjungan yang sama di gudang Bulog Dramaga Senin (11/09/2023), Jokowi meninjau penyaluran Cadangan Beras Pemerintah (CBP) untuk Bantuan Pangan.

"Oleh sebab itu mulai September ini, saya perintahkan untuk berikan bantuan pangan beras, setiap bulan 210 ribu ton dikeluarkan oleh Bulog, dan akan terus Oktober dan November" ujar Jokowi.

Kepala Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) Arief Prasetyo Adi yang turut mendampingi Presiden dalam kunjungan tersebut, mengatakan stok beras yang saat ini mencapai 1,6 juta ton secured di Bulog selain digunakan untuk penyaluran bantuan pangan, juga untuk langkah intervensi Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP).

Halaman:

Editor: Fareri


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x