Kasus Kematian Brigpol HS Dipastikan Akan Transparan, Kata Kapolri

- 25 September 2023, 12:51 WIB
Kasus Kematian Brigpol HS Dipastikan Akan Transparan, Kata Kapolri
Kasus Kematian Brigpol HS Dipastikan Akan Transparan, Kata Kapolri /Pixabay/

KabarDKI.com - Kasus kematian Brigpol HS, pengawal pribadi Kapolda Kalimantan Utara (Kaltara) Irjen Pol. Daniel Aditya Jaya dipastikan akan transparan mengedepankan investigasi kejahatan ilmiah. Hal ini dikatakan oleh Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo.

Seperti diketahui, Brigpol HS, personel Polda Kaltara, ditemukan tewas di sebuah kamar pada rumah dinas kapolda Kaltara di Tanjung Selor, Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara, pada Jumat 22 September 2023, sekitar pukul 13.10 Wita. Adapun dugaan sementara, HS lalai ketika membersihkan senjata api.

"Yang jelas, sudah saya perintahkan kepada Pak Kapolda, terkait peristiwa yang terjadi, agar betul-betul diusut secara cermat secara tuntas. Manfaatkan scientific crime investigation yang kita miliki, sehingga kemudian hasil-hasilnya betul-betul bisa dipertanggungjawabkan secara ilmiah," ujar Kapolri Sigit.

Baca Juga: Kecewanya Keluarga Brigadir Yosua Mendengar Ferdy Sambo Gagal Dieksekusi

Jenderal bintang empat itu menambahkan, pihaknya telah memerintahkan Bareskrim, Puslabfor, serta tim Pusat Kedokteran dan Kesehatan (Pusdokkes) untuk ikut terlibat dalam pengusutan kasus tersebut.

"Saya sudah perintahkan juga dari Bareskrim, Puslabfor, untuk mendukung, dokter-dokter forensik kami ikut mendukung; sehingga kemudian hasilnya betul-betul bisa dipertanggungjawabkan ke publik dan utamanya ke keluarga. Saya kira Polri selalu transparan," jelas Sigit.

Terkait hasil autopsi jenazah Brigpol HS, yang menyatakan penyebab tewasnya akibat tembakan di dada kiri dan tembus ke jantung, Listyo Sigit menyatakan dirinya tidak mau mendahului hasil investigasi maupun penyelidikan dari tim Polda Kaltara dan Bareskrim Polri.

Saat ini, mantan kepala Bareskrim Polri itu mengatakan penyelidikan masih berjalan dan autopsi baru saja dilaksanakan. Sehingga, lanjutnya, akan lebih baik menunggu hasil setelah seluruh rangkaian pemeriksaan tersebut selesai dilaksanakan.

Baca Juga: Kurang dari Setahun, Survei: Kepercayaan Publik ke Polri Pulih

Halaman:

Editor: Tatang Adhiwidharta

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x