Jokowi Resmikan Bandara Mentawai, Salah Satu Lapangan Lepas Landas Terluar RI

- 25 Oktober 2023, 16:17 WIB
Jokowi di Bandara Mentawai
Jokowi di Bandara Mentawai /Setkab

KabarDKI.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bandara Mentawai di Sumatera Barat. Pasalnya, bandara ini merupakan salah satu bandara terluar Indonesia.

"Alhamdulillah hari ini kita segera akan meresmikan pengoperasian Bandara Mentawai, merupakan salah satu bandara terluar di tanah air," ujarnya, mengutip Setkab, Rabu, 25 Oktober.

Bandara ini akan menggantikan bandara yang sudah ada sebelumnya, yaitu Bandara Rokot, Sipora yang panjang runway-nya hanya 850 meter. Apalagi bandara sebelumnya ini hanya bisa didarati oleh pesawat Cessna yang kapasitasnya hanya 12 orang.

Baca Juga: Pengunjung Terminal 1 dan Terminal 2 Bandara Soekarno Hatta Dapat Nikmati Hiburan Terbaik di Layar Smart Ads

"Sekarang dengan adanya bandara baru, panjang runway-nya 1.500 meter dengan lebar 30 meter, dan pesawat ATR sudah bisa mendarat di Pulau Mentawai saat ini," ujarnya.

Dirinya pun berharap Bandara Mentawai bisa mendaratkan pesawat ATR. Hal ini akan membuat turis semakin banyak ke Pulau Mentawai, utamanya yang senang surfing.

"Tadi saya sudah menyampaikan ke Menteri Perhubungan, jangan hanya Cessna yang datang ke sini tapi ATR mestinya sudah harus segera didatangkan ke Pulau Mentawai karena sekali angkut bisa 78, sebelumnya Cessna hanya 12, sekarang bisa kalau ATR 78," ujarnya.

Dengan beroperasinya bandara ini, lanjut Jokowi, mobilitas masyarakat akan semakin mudah, potensi wisata di Kepulauan Mentawai juga bisa dikembangkan lebih baik lagi. Sehingga, wisata surfing akan semakin berkembang.

Baca Juga: Bandar Udara Halim Perdanakusuma Sediakan WiFi Gratis bagi Pengguna Layanan Bandara

Halaman:

Editor: Fareri


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x