Penjualan Naik 1,4%, Matahari Raup Laba Rp631 Miliar di Kuartal III-2023

- 27 Oktober 2023, 18:24 WIB
Matahari Department Store
Matahari Department Store /website Matahari

KabarDKI.com - Penjualan PT Matahari Department Store Tbk (LPPF) tumbuh 1,4% mencapai Rp9,6 Triliun pada kuartal III-2023.

Pertumbuhan penjualan toko yang sama (SSSG) yang turun sebesar 2,3% didorong oleh kurangnya stimulasi Lebaran, perlambatan perekonomian setelahnya, dan upaya lanjutan atas persediaan.

EBITDA periode sepanjang 9 bulan di 2023 sebesar Rp1,1 Triliun. Besaran ini turun dibandingkan tahun lalu sebesar Rp1,5 Triliun. Maka, laba bersih pada kuartal III-2023 mencapai Rp631 miliar.

Baca Juga: Tips agar Tidak Kalap Belanja Produk Diskon di Kampanye Shopee 10.10 Brands Festival

“Tantangan di segmen pasar menengah ke bawah diperkirakan akan tetap ada dalam jangka pendek namun secara bertahap membaik seiring dengan meredanya inflasi, dengan peningkatan likuiditas di perekonomian, dan Perseroan bersiap dengan produk-produk yang lebih segar, baru, dan lebih kompetitif dengan fokus pada portofolio merek yang lebih kuat di semua segmen," ungkap CEO Matahari Terry O'Connor mengutip keterangan tertulis, Jumat, 27 Oktober 2023.

Inisiatif untuk mendorong potensi penuh produk penjualan berjalan dengan baik. Suko mengalami kemajuan yang baik dalam perluasan gerai melalui peluncuran Shop-in-shop yang akan datang di 14 gerai berikutnya, sehingga totalnya menjadi 34 pada akhir tahun ini.

Merek eksklusif baru, Anyday, diluncurkan pada Oktober 2023. Merek ini dirancang untuk menangkal dampak inflasi pada konsumen. Demi meningkatkan produktivitas produk penjualan, akan ada fokus yang lebih besar dalam memaksimalkan tingkat penjualan barang dagangan pada harga normal dan upaya untuk mempercepat pengurangan persediaan lama dilakukan pada kuartal ini yang berdampak pada margin kotor.

Inisiatif untuk mengoptimalkan jaringan gerai berjalan dengan baik meskipun Perseroan memiliki sejumlah kecil gerai dengan profitabilitas marginal yang harus ditangani berdasarkan daftar pemantauan terbaru. Fokus ekspansi pada tahun 2024 adalah pada pembukaan gerai-gerai berkualitas tinggi dibandingkan volume.

Baca Juga: Metode Baru Belanja Online Dihadirkan Shopee dengan COD Cek Dulu, Buka Dulu Baru Bayar

Halaman:

Editor: Fareri


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah