BNN RI Resmikan Museum Anti Narkotika Pertama di Indonesia

- 30 Oktober 2023, 15:45 WIB
BNN RI Resmikan Museum Anti Narkotika Pertama di Indonesia
BNN RI Resmikan Museum Anti Narkotika Pertama di Indonesia /Dok. Humas BNN

KabarDKI.com - Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) RI Komjen Pol Petrus Reinhard Golose meresmikan museum anti narkotika pertama di Indonesia yang terletak di lantai tiga kantor pusat BNN di Kramat Jati, Jakarta Timur pada Senin 30 Oktober 2023.

"Pagi ini kita meresmikan museum anti narkoba. Jadi ini adalah museum anti narkoba yang menunjukkan bagaimana kemenangan melawan narkotika, kemenangan daripada BNN khususnya dan seluruh stakeholder (pemangku kepentingan) dalam perang melawan narkoba," ujar Petrus kepada awak media setelah peresmian di Jakarta.

Museum yang digagas oleh Petrus Reinhard Golose ini diberi nama Pranidha Ranajaya Ghanavara. Nama tersebut berarti 'tempat yang mewakili wajah BNN atas kemenangan-kemenangan dalam mengentas narkoba'.

Baca Juga: Mengenal Kepala BNN dari Masa ke Masa

Menurutnya, museum ini merupakan museum anti narkotika pertama di Indonesia bahkan di negara ASEAN.

"Kita punya museum anti narkotika pertama di Indonesia, sekali lagi museum anti narkotika di Indonesia, bahkan boleh dikatakan di Asia Tenggara belum ada yang berinisasi membuat ini,"paparnya.

Jenderal bintang tiga ini menyebutkan bahwa museum anti Narkotika bertujuan untuk memberikan informasi tentang sejarah Indonesia dalam memerangi narkotika serta cara penanggulannya oleh BNN.

Museum anti Narkotika juga akan terus memperbarui artefak dan dokumen agar dapat memberikan informasi-informasi terbaru kepada masyarakat terkait pengentasan narkotika.

"Konsepnya adalah smart museum sehingga kita tetap terus updating, jadi tidak hanya artefak saja tetapi dokumen-dokumentasinya dan kita bisa lihat ya dari zaman dulu sebelum adanya BNN, adanya BNN hingga saat ini kita cari dan kumpulkan artefak-artefaknya dan ini adalah tempat belajar untuk anak muda," ujarnya.

Dalam peresmian ini juga dihadiri oleh mantan kepala BNN dari masa ke masa yakni Ahwil Luthan dan mantan Kepala pelaksana Harian BNN Togar M. Sianipar dan Drs. Gories Mere.

Halaman:

Editor: Tatang Adhiwidharta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x