4 Bansos Akan Cair November 2023, Cek Ada Apa Saja

- 4 November 2023, 18:36 WIB
4 Bansos Akan Cair November 2023, Cek Ada Apa Saja
4 Bansos Akan Cair November 2023, Cek Ada Apa Saja /

KabarDKI.com - Empat Bansos akan cair November 2023 guna meringankan masyarakat yang tengah kesulitan di tengah suhu panas yang tak kian turun. Seperti Bantuan Langsung Tunai (BLT) El Nino akan disalurkan selama dua bulan ke depan.

Bansos November 2023 akan cair salah satunya Bantuan Langsung Tunai (BLT) El Nino, dimana . Namun, ada juga bantuan lainnya yang diberikan oleh pemerintah.

Ada empat bansos yang cair pada November 2023 ini, simak ada apa saja?

1. Program Indonesia Pintar

Program Indonesia Pintar atau PIP merupakan salah satu program bantuan sosial berupa uang saku yang diberikan untuk siswa-siswi dari jenjang SD, SMP, SMA/SMK dan sederajat bagi mereka yang kurang mampu.

Bantuan PIP yang disalurkan, sebagai berikut:

  • Siswa SD disalurkan uang sebesar RP450 ribu per tahun
  • Siswa SMP disalurkan uang sebesar Rp750 ribu per tahun
  • Siswa SMA/SMK disalurkan uang sebesar Rp1 juta per tahun

Baca Juga: Bansos Beras 10 Kg dari Pemerintah Cair Hari ini, Cek Nama Penerima di Sini


2. Program Keluarga Harapan

Program Keluarga Harpaan (PKH) merupakan salah satu bansos yang dilaksanakan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Berdasarkan laman situsindonesia.go.id, bantuan PKH tahap 4 telah diberikan sejak Oktober 2023 dan selesai di bulan Desember mendatang.

Ada 7 golongan yang berhak untuk dapatkan PKH, antara lain:

  • Kategori lansia berusia 70 tahun ke atas mendapat bantuan dengan sebesar Rp 2,4 juta per tahun atau Rp 600 ribu setiap tahap.
  • Kategori penyandang disabilitas berat mendapatkan bantuan dengan sebesar Rp 2,4 juta per tahun atau Rp 600 ribu setiap tahap.
  • Kategori balita usia 0-6 tahun mendapat bantuan dengan sebesar Rp3 juta per tahun atau Rp 750 ribu setiap tahap.
  • Kategori ibu hamil dan masa nifas akan dapatkan bantuan dengan sebesar Rp 3 juta per tahun atau Rp 750 ribu setiap tahap.
  • Kategori siswa jenjang Sekolah Dasar (SD) mendapat bantuan dengan sebesar Rp 900 ribu per tahun atau Rp 225 ribu setiap tahap.
  • Kategori siswa jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) dengan sebesar Rp 1,5 juta per tahun atau Rp 375 ribu setiap tahap.
  • Kategori siswa jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) mendapat bantuan dengan sebesar Rp 2 juta per tahun atau Rp 500 ribu setiap tahap.

3. BLT EL Nino

Seperti disinggung di awal, BLT El nino akan disalurkan kepada masyarakat yang memang terdampak akibat adanya El Nino. Namun, BLT ini akan disalurkan kepada mereka yang sebelumnya telah mendapatkan bansos PKH.

Dalam bantuan BLT El Nino, akan diberikan selama kurun waktu dua bulan, yakni November hingga Desember 2023. Menteri Keuangan Sri Mulyani menyebutkan jika BLT El Nino akan diberikan kepada sekitar 18,8 juta keluarga.

Halaman:

Editor: Tatang Adhiwidharta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah