Tampil Lebih Nyaman, Kereta Ekonomi New Generation Pada KA Gaya Baru Malam Selatan Resmi Beroperasi

- 14 Maret 2024, 08:28 WIB
Kereta Ekonomi Generasi Baru Beroperasi pada KA Gaya Baru Malam Selatan
Kereta Ekonomi Generasi Baru Beroperasi pada KA Gaya Baru Malam Selatan /KAI

KabarDKI.com-PT Kereta Api Indonesia (Persero) mengoperasikan Kereta Ekonomi New Generation pada KA (106) Gaya Baru Malam Selatan relasi Pasar Senen – Surabaya Gubeng mulai 14 Maret 2024 dan KA (105) Gaya Baru Malam Selatan relasi Surabaya Gubeng – Pasar Senen mulai 15 Maret 2024 .

Dengan dioperasikannya Kereta Ekonomi New Generation der tersebut, maka stamformasi KA Gaya Baru Malam Selatan menjadi 2 kereta ekekutif, 5 kereta Ekonomi generasi baru, 1 kereta makan, 1 kereta utilitas, dan 1 kereta bagasi.

Baca Juga: Program Angkutan Motor Gratis di Kereta Api Masih Dibuka, Berikut Cara Daftarnya

“Peningkatan pelayanan pada KA kelas Ekonomi ini adalah sebagai wujud komitmen KAI dalam mendengarkan kebutuhan dan masukan dari para pelanggan, untuk dapat terus meningkatkan pelayanan dan pengalaman pelanggan. Sehingga tetap relevan dengan perkembangan zaman,” kata VP Public Relations KAI Joni Martinus.

KAI secara konsisten terus beradaptasi memenuhi haran maslamakat untuk meningkatkan kenyamanan pada kereta Ekonomi. Kereta economics yang sebelumnya berkapasitas 106 tempat duduk dengan jersey 3-2, sandaran tegak lurus, dan saling menghadap, secara bertahap diganti menjadi kereta economics berkapasitas 80 tempat duduk dengan jersey 2-2 menghadap atau tidak menghadap. 

Kini KAI melakukan inovasi terbaru dengan menghadirkan Kereta Ekonomi New Generation, dimana jumlah tempat duduk menjadi 72 dersi, sehingga leg room-nya menjadi lebih luas. Selain itu, jenis kursinya juga sudah menggunakan tipe Captain Seat yang membuat pelanggan semakin nyaman Saat bersandar dan bisa diatur kemiringannya (reclining) serta bisa disesuaikan laju searah KA ataupun menghadap (revolving).

Baca Juga: Kemenhub RI Segera Mempercantik Tiga Stasiun Kereta Api di Solo

Selain pada kulsi, upgrade juga dilakukan pada interior kereta dengan tambahan Public Information Display System (PIDS) yang dapat menampilkan jam dan suhu. Interior kereta juga dimodif mirip dengan kereta eksekutif seperti bentuk bagasi dan nuansa interior yang lebih cerah. Tak hanya itu, modifikasi juga dilakukan pada toilet dengan nuansa yang lebih mewah dan menggunakan toilet duduk. Tersedia juga tempat ibadah di restorasi restorasi.

Kereta Economy New Generation merupakan hasil modifikasi yang KAI lakukan di Balai Yasa Manggarai (tempat perawatan sarana perkeretaapian milik KAI di Manggarai, Jakarta Selatan). Sebelumnya, KAI telah meluncurkan Kereta Ekonomi New Generation pada KA Jayabaya relasi Pasarsenen – Malang pp pada 26 September 2023.

Halaman:

Editor: Oktafian Wahyu Nugroho


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x