Jepang Lolos dari Resesi, tapi Terdepak dari 3 Besar Negara Terkaya Dunia

- 15 Maret 2024, 10:05 WIB
Ilustrasi - Mata Uang Yen
Ilustrasi - Mata Uang Yen /Pixabay/happylism

KabarDKI.com - Jepang belakangan ini tengah dihantam oleh krisis ekonomi. Kendati demikian, Pemerintah Jepang mengatakan mereka lolos dari resesi pada kuartal keempat 2023 lalu berkat pertumbuhan ekonomi sebesar 0,4%.

Jepang baru saja tergeser dari posisi tiga besar negara terkaya di dunia. Posisi Jepang saat ini ditempati oleh Jerman. Semua itu dikarenakan lesunya perekonomian Negeri Sakura tersebut.

Pemerintah Jepang mengatakan pemulihan ekonomi berada dalam kecepatan yang moderat. Meski demikian, kenaikan barang yang terjadi masih membebani warga. Penurunan masih terjadi pada konsumsi swasta sebesar 0,3%, lebih besar daripada perkiraan sebelumnya di angka 0,2%. Kendari demikian, pelemahan tersebut diimbangi dengan pertumbuhan belanja modal yang naik sebesar 2%.

"Resesi teknis dapat dihindari dan Bank of Japan kemungkinan akan mengakhiri suku bunga negatifnya. Namun konsumsi swasta melemah dan perekonomian kemungkinan akan mengalami pertumbuhan negatif pada Januari hingga Maret," ujar Shinichiro Kobayashi, Ekonom senior di Mitsubishi UFJ Research and Consulting, dikutip dari Antara.

Menurut Kobayashi, kini para ekonom turut memantau dengan cermat bagaimana perusahaan Jepang memanfaatkan keuangan untuk berinvestasi.***

Editor: Endah

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x