Bansos Pangan dari Pemerintah hingga Desember 2024? Begini Kata Jokowi

- 22 Maret 2024, 09:58 WIB
Bansos Pangan dari Pemerintah hingga Desember 2024? Begini Kata Jokowi
Bansos Pangan dari Pemerintah hingga Desember 2024? Begini Kata Jokowi /YouTube/Sekretariat Presiden/

KabarDKI.com - Bantuan sosial atau Bansos Pangan dari pemerintah hingga Desember 2024 masih dipantau ketersediaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Presiden Joko Widodo (Jokowi) belum bisa memastikan keberlanjutan program bantuan pangan.

Presiden Jokowi yang mengunjungi Komplek Pergudangan Bulog Kampung Melayu, Kota Singkawang, Provinsi Kalimantan Barat, pada Rabu, 20 Maret 2024. Di kesempatan itu, ia meninjau ketersediaan beras dan menyerahkan bantuan pangan kepada masyarakat penerima manfaat.

Baca Juga: Daftar Empat Bansos Cair di Bulan Januari 2024

"Nanti setelah Juni saya akan lihat lagi APBN kita ada anggaran ndak. Kalau ada akan diteruskan, tapi enggak janji, belum janji saya. Saya akan buka dulu supaya nanti bisa diteruskan sampai Desember. Tapi sekali lagi, dilihat dulu anggarannya ada atau tidak,"kata Jokowi.

Melihat Anggaran untuk Bansos Pangan

Beberapa waktu lalu, Menteri Keuangan Sri Mulyani membeberkan jumlah anggaran untuk bansos pangan. Dimana terjadi lonjakan tajam dibandingkan tahun sebelumnya yaitu sebesar 135,1 persen.

"Anggaran bansos kita melonjak tajam dari Rp 9,6 triliun ke Rp 22,5 triliun, atau naik 135,1 persen dibandingkan tahun sebelumnya,"ujar Sri Mulyani dalam Rapat Kerja dengan Komisi XI DPR, Selasa (19/3).

Baca Juga: Bansos Beras 10 Kg dari Pemerintah Cair Hari ini, Cek Nama Penerima di Sini

Dalam kesempatan itu, Sri Mulyani juga merinci kenaikan anggaran bansos ini di antaranya Rp12,8 triliun untuk penyaluran di Kementerian Sosial (Kemensos) sebesar Rp12,8 triliun. Penyaluran itu mencakup 10 juta keluarga penerima manfaat (KPM) di program keluarga harapan dan kartu sembako bagi 18,7 juta KPM.

"Untuk Kemensos Rp 12,8 (triliun), penyaluran PKH itu masih rutin untuk PKH 10 juta dan (kartu) sembako 18,7 juta penerima,”pungkasnya.***

Halaman:

Editor: Tatang Adhiwidharta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x