Pemprov DKI Diminta Percepat Pembangunan Tanggul Laut Raksasa di Utara

- 26 April 2024, 08:40 WIB
Sejumlah pekerja menyelesaikan pembangunan tanggul pantai di Cilincing, Jakarta, 23 November 2023. Tanggul raksasa pengaman pantai Rp276 miliar di pantai utara akan dibangun lagi untuk mencegah Jakarta tenggelam.
Sejumlah pekerja menyelesaikan pembangunan tanggul pantai di Cilincing, Jakarta, 23 November 2023. Tanggul raksasa pengaman pantai Rp276 miliar di pantai utara akan dibangun lagi untuk mencegah Jakarta tenggelam. /Pikiran Rakyat Tangerang Kota/ANTARA

KabarDKI.com - Anggota Komisi C DPRD DKI Jakarta, Lukmanul Hakim, menegaskan Pemerintah Provinsi DKI harus mempercepat pembangunan tanggul laut raksasa di pantai utara Jakarta.

Menurut Lukmanul, hal tersebut harus segera dilakukan demi bisa mengatasi banjir dan kemungkinan tenggelamnya wilayah pesisir utara Jakarta karena kenaikan air laut. Tanggul laut raksasa ini direncanakan memiliki panjang mencapai 22 kilometer.

Baca Juga: Sejarah Tercipta! Timnas Indonesia Melaju ke Semifinal Usai Gasak Korea Selatan

"Pembangunan 'giant sea wall' merupakan upaya untuk mengatasi persoalan banjir dan rob sehingga harus dituntaskan," terang Lukmanul seperti dikutip dari Antara.

Tanggul raksasa di pantai utara Jakrta memang direncanakan bakal dibangun dengan total panjang mencapai 46 kilometer. Sejauh ini tanggul raksasa tersebut sudah dibangun sepanjang 13 kilometer.

Baca Juga: Keren! Ivan Gunawan Bangun Masjid dan Sumur di Uganda

Sisa 33 kilometer lagi nantinya akan dihandle Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang ikut membangun tanggul tersebut dengan panjang 11 kilometer, sementara 22 kilometer lagi menjadi tanggung jawab Pemprov DKI.***

Editor: Endah

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x