Wali Kota Jakarta Barat Terima Penghargaan UHC 2023

- 14 Maret 2023, 18:00 WIB
Wali Kota Jakarta Barat, Yani Wahyu Purwoko
Wali Kota Jakarta Barat, Yani Wahyu Purwoko /Pemkot Jaktim/

Kabardki.com - Wali Kota Jakarta Barat, Yani Wahyu Purwoko menerima penghargaan Universal Health Coverage (UHC) 2023 atau cakupan semesta kepesertaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Penghargaan UHC diserahkan Wakil Presiden RI, KH Ma’ruf Amin, di Balai Sudirman, Tebet, Selasa (14/3).

Wali Kota Jakbar, Yani Wahyu Purwoko mengaku bersyukur Jakarta Barat menjadi salah satu kota/kabupaten yang menerima penghargaan UHC. “Alhamdulillah, hari ini saya, Jakarta Barat dapat UHC Award dari Bapak Wapres,” ucapnya, sebagaimana dikutip dari laman Pemkot Jaktim.

Yani menerangkan bahwa UHC merupakan upaya bagaimana setiap masyarakat menjadi peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Ia berharap, dengan JKN masyarakat bisa terlindungi dari berbagai aspek terutama di bidang kesehatan.

“Ini jadi semangat bagi kami, Pemkot Jakarta Barat dalam berkarya untuk melayani masyarakat. UHC ini sebuah komitmen pemerintah dalam rangka mendukung masyarakat dalam keikutsertaan JKN,” kata Yani.

Penghargaan UHC tahun ini diberikan kepada 22 provinsi dan 334 kota/kabupaten yang telah mencapai cakupan kepesertaan program JKN minimal 95 persen dari total penduduk.

Disamping itu, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Barat, Fitria Nurlaila Pulukadang, yang hadir mendampingi Wali Kota Yani Wahyu Purwoko, mengungkapkan cakupan kepesertaan program JKN di Jakarta Barat telah melebihi 95 persen dari total penduduk.

“Cakupannya telah mencapai 99,67 persen dari total 2,5 juta warga Jakarta Barat,” sebutnya.

Menurutnya, selama ini dukungan Pemprov DKI Jakarta dan Pemkot Jakarta Barat untuk menyukseskan program JKN sangat maksimal. Termasuk dalam pelayanan peserta JKN, prasarana/fasilitas kesehatan hingga SDM-nya.

“Luar biasa DKI dan Pemkot Jakbar, dari awal adanya BPJS Kesehatan memang sudah menjamin masyarakat. Kami bersama Pak Wali Kota perlu memastikan bahwa akses kesehatan ini terbuka untuk masyarakat Jakarta Barat,” tandas Fitri.

Editor: Rashif Usman

Sumber: Pemkot Jakarta Timur


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x