Kepatuhan Wajib Pajak, Kantor Staf Presiden: Kepercayaan Harus Dijaga

- 17 Maret 2023, 12:06 WIB
 Deputi III KSP Edy Priyono menilai wajib pajak harus kepatuhan wajib pajak terus dijaga
Deputi III KSP Edy Priyono menilai wajib pajak harus kepatuhan wajib pajak terus dijaga /Dok. KSP



KabarDKI.com - Kantor Staf Presiden (KS) megharapkan kepercayaan dan kepatuhan wajib pajak terus dijaga. Hal ini dilakukan guna memberikan dampak positif bagi penerimaan negara dari pajak.

Maklum saja, beberapa waktu terakhir ini, muncul isu keengganan masyarakat membayar pajak sempat heboh. Akibat terjadinya penganiayaan yang dilakukan anak pejabat pajak.

"Kita berharap kepercayaan tersebut bisa terus dijaga sehingga pada gilirannya hal itu memberikan dampak positif terhadap penerimaan negara dari pajak,” kata Deputi III KSP Edy Priyono di Jakarta, Jumat 17 Maret 2023.

Edy menyampaikan di tengah sorotan publik kepada aparat perpajakan, wajib pajak masih memiliki kepercayaan dan kepatuhan untuk melaporkan pembayaran pajak dan hartanya melalui Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) Pajak. Terbukti dari jumlah pelaporan SPT Pajak yang terus mengalami peningkatan.

Melansir keterangan Kementerian Keuangan, sampai dengan tanggal 13 Maret 2023 sudah ada 7,1 juta SPT yang dilaporkan wajib pajak orang pribadi dan badan. Edy mengatakan jumlah tersebut mengalami peningkatan dibandingkan tahun 2022.

Menurutnya, peningkatan pelaporan SPT Pajak tersebut merupakan indikasi positif karena mencerminkan kepercayaan serta kepatuhan wajib pajak.

Deputi Bidang Perekonomian KSP tersebut menekankan pada era sekarang penerimaan negara dari pajak memegang peranan yang jauh lebih penting dibandingkan masa lalu. Dimana pada masa lalu penerimaan negara didominasi pendapatan nonpajak, yakni khususnya penerimaan dari migas yang terbukti rentan ketika terjadi gejolak harga dunia.

Untuk itu, Edy menegaskan penerimaan pajak dan rasio pajak harus bisa terus meningkat seiring dengan pertumbuhan ekonomi.

“Ini sangat penting untuk menjaga kesehatan negara khususnya untuk mengurangi beban utang,”pungkasnya. ***

 

Editor: Tatang Adhiwidharta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x