Penampakan Hiu Greenland, Spesies Hiu Tertua Berusia 397 Tahun!

- 27 April 2024, 10:17 WIB
Hiu Greenland
Hiu Greenland /DIVE Magazine

KabarDKI.com - Sepsies ikan hiu yang ada di lautan sejauh ini banyak yang sudah diketahui. Salah satu yang paling populer bisa jadi adalah spesies Hiu Putih. Namun, tahukah kamu bahwa ada spesies hiu yang memiliki usia paling tua di muka bumi?

Seperti dikutip dari BBN Times, para ilmuan menemukan spesies hiu tua di Samudera Arktik yang diberi nama Hiu Greenland atau hiu abu-abu (Somniosus microcephalus). Hiu ini diprediksi sudah berada di lautan sejak 1627 atau dengan kata lain usia hiu tersebut sudah mencapai 397 tahun.

Baca Juga: Bocah 11 Tahun Temukan Fosil Dinosaurus Terbesar yang Pernah Hidup di Bumi

Berbeda dengan spesies hiu lainnya, Hiu Greenland menjadi spesies hiu yang memiliki gerakan paling lambat. Namun, kemampuan hiu spesies ini untuk bertahan di suhu dingin tak perlu diragukan.

"Kami berhasil mendapatkan DNA dalam beberapa bulan. DNA-nya mengandung banyak sekali informasi soal genetik. Kami mencoba untuk menyatukan semuanya, sama seperti Anda menyusun sebuah puzzle," tukas Vaclav Brazda, peneliti dari Institut of Biophysics of the CAS.

Baca Juga: Peneliti Temukan Fosil Naga di China Selatan Berusia 240 Juta Tahun

Para peneliti melakukan penelitian mendalam pada karbon isotop yang ada di jaringan tubuh hiu. Dari situ, para peneliti bisa mengetahui waktu hidup Hiu Greenland, kemampuan adaptasi, dan ketahanan dalam menghadapi perubahan lingkungan.Menurut peneliti, Hiu Greenland bisa bertahan hidup kira-kira hingga 500 tahun.

Editor: Endah


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x