Heru Budi Hartono Lepas Ratusan Petugas Pemeriksa Kesehatan Hewan Kurban

- 27 Juni 2023, 14:01 WIB
Heru Budi Hartono Lepas Ratusan Petugas Pemeriksa Kesehatan Hewan Kurban
Heru Budi Hartono Lepas Ratusan Petugas Pemeriksa Kesehatan Hewan Kurban /PMJ News

KabarDKI.com - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono melepas 709 petugas pemeriksa kesehatan hewan dan daging kurban di Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Perumda Dharma Jaya di Penggilingan, Cakung, Jakarta Timur, Selasa 27 Juni 2023.

"Hari ini di Dharma Jaya bersama Kepala Dinas Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI melepas petugas pemeriksa kesehatan hewan kurban," kata Heru.

Nantinya, para petugas pemeriksa dikerahkan pada hari pemotongan hewan kurban pada 10 Dzulhijjah 1444 Hijriah atau Hari Raya Idul Adha.

 Baca Juga: Agar Udara di DKI Jakarta Sehat, Heru Budi Hartono Gaungkan Penggunaan Kendaraan Listrik

"Jadi, kita lepas untuk hari H-nya," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas KPKP DKI Jakarta Suharini Eliawati mengatakan, petugas yang dilibatkan berasal dari Persatuan Dokter Hewan Indonesia (PDHI), Kementerian Pertanian, KPKP, Fakultas Pertanian IPB, MUI dan juru sembelih halal agar proses pemotongan sesuai dengan syariat Islam.

"Nah, tadi kita juga melibatkan Dishub dan Satpol PP. Lalu lintasnya, kita serahkan ke Dishub. Kemudian pada saat pemotongan untuk menghindari kerumunan, maka kita libatkan Satpol PP," kata wanita yang biasa disapa Elly itu.

Sejauh ini, belum ditemukan penyakit yang didera oleh hewan kurban seperti antraks, penyakit mulut dan kuku (PMK) dan penyakit kulit berbenjol (lumpy skin disease/LSD) di wilayah DKI Jakarta.

Halaman:

Editor: Tatang Adhiwidharta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah