Pengerjaan Makan Waktu 12 Tahun, Akhirnya Tol Cisumdawu Diresmikan Presiden Jokowi

- 11 Juli 2023, 19:58 WIB
Pengerjaan Makan Waktu 12 Tahun, Akhirnya Tol Cisumdawu Diresmikan Presiden Jokowi
Pengerjaan Makan Waktu 12 Tahun, Akhirnya Tol Cisumdawu Diresmikan Presiden Jokowi /Dok.Humas Jabar

KabarDKI.com - Presiden Jokowi atau Joko Widodo akhirnya meresmikan operasional Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan secara penuh di Cisumdawu Twin Tunnel KM 169/200, Kabupaten Sumedang, Selasa 11 Juli 2023. Mengingat pengerjaan proyek jalan tol ini memakan waktu 12 tahun.

Dalam kesempatan itu turut hadir Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono serta Menteri BUMN Erick Thohir.

Dengan beroperasinya Tol Cisumdawu (Cileunyi-Sumedang-Dawuan) secara penuh akan mempermudah akses ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kertajati, Kabupaten Majalengka.

“Alhamdulillah, pada hari ini jalan Tol Cisumdawu sudah selesai dan segera siap untuk dioperasikan,” ujar Presiden Jokowi dalam sambutannya.

Baca Juga: Tol Trans Jawa Jadi Jalur Andalan Mudik 2023, Pengamat: Ada Kekurangannya

“Diharapkan dengan beroperasinya jalan tol ini mempermudah konektivitas ke Bandara Kertajati. Dulu memang ini kita kerjakan bersama agar jalan tol rampung dan Bandara Kertajati juga rampung,” imbuhnya.

Untuk itu, Presiden Jokowi berharap dengan beroperasinya Tol Cisumdawu secara penuh, Bandara Kertajati akan beroperasi secara penuh pula pada Oktober 2023.

“Dan kita harapkan setelah jalan Tol Cisumdawu selesai, airport Kertajati nanti di bulan Oktober sudah operasional penuh. Sekarang sudah mulai dengan penerbangan haji,” tuturnya.

Untuk biaya pembangunan jalan tol sepanjang 61,6 kilometer ini menelan anggaran hingga Rp18,3 triliun dengan setengah anggarannya atau Rp9,08 triliun berasal dari APBN, sisanya melalui KPBU (Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha) dan swasta.

Halaman:

Editor: Tatang Adhiwidharta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x