Rangkul Polda Metro Jaya, Dinas LH Pemprov DKI Jakarta Bersihkan Hutan Mangrove Muara Angke

- 13 Juli 2023, 14:52 WIB
Ilustrasi sampah.
Ilustrasi sampah. /Reuters/Ricardo Rojas/

KabarDKI.com-Jajaran Dinas Lingkungan Hidup (LH) DKI Jakarta bersama aparatur Kepolisian Polda Metro Jaya, Kamis (13/7), melakukan bersih-bersih di Hutan Mangrove Muara Angke, Kelurahan Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara.

Bagi Dinas LH DKI ini merupakan hari kedua mereka melakukan aksi bersih-bersih di lokasi ini. Ada sekitar 500 personel dikerahkan ke titik lokasi sebelah barat Hutan Mangrove Muara Angke, tepatnya di wilayah RW 22 Kelurahan Pluit. Mereka didukung dua unit excavator amphibius dan tiga ponton mesin tempel serta enam kapal sampah.

Baca Juga: Atasi Kemacetan di DKI Jakarta, Lebih Efektif ASN Tak Pakai Kendaraan Pribadi Ketimbang Pengaturan Jam Kerja

Wakil Kepala Dinas LH DKI Jakarta, Sarjoko mengatakan, personel yang dikerahkan dalam kegiatan ini merupakan gabungan dari Satgas Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Utara, UPK Badan Air, serta Suku Dinas Lingkungan Hidup Kepulauan Seribu.

"Hari ini kita tambah kekuatan jadi 500 personel, kemarin 200 personel," kata Sarjoko.  

Menurut Sarjoko, kondisi hari ini dengan situasi air lebih surut menjadikan pengerjaan lebih berat dari hari sebelumnya. Sebaran tumpukan sampah terlihat di bagian barat pantai Hutan Mangrove yang panjangnya diperkirakan mencapai tiga kilometer.

Untuk mengangkut sampah, jelas Sarjoko, pihaknya mengerahkan kapal kecil agar bisa merapat ke tepian dan selanjutnya sampah dipindah ke kapal besar untuk dibawa ke daratan.

"Pada hari pertama kemarin, kami berhasil mengangkut 48 meter kubik sampah. Hari ini, mungkin akan jauh lebih besar," ujarnya.

Sarjoko mengaku tidak bisa memastikan tenggat waktu pekerjaan pembersihan bisa rampung. Namun, dia memastikan akan terus melakukan pembersihan hingga kondisi pantai Hutan Mangrove Muara Angke bersih dari sampah.

Halaman:

Editor: Oktafian Wahyu Nugroho


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x