Akhir Pekan Menarik dengan Kunjungi Pameran Perjalanan Pusat Dokumentasi Sastra HB Jassin

- 26 Agustus 2023, 14:05 WIB
Akhir Pekan Menarik dengan Kunjungi Pameran Perjalanan Pusat Dokumentasi Sastra HB Jassin
Akhir Pekan Menarik dengan Kunjungi Pameran Perjalanan Pusat Dokumentasi Sastra HB Jassin /Dok. Dispusip DKI Jakarta

KabarDKI.com - Akhir pekan menarik di Jakarta, kamu bisa kunjungi Pameran Perjalanan Pusat Dokumentasi Sastra HB Jassin bertajuk "Ulang-Alik ke Masa Lalu". Kegiatan ini diselenggarakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) DKI Jakarta.

Pameran Perjalanan Pusat Dokumentasi Sastra HB Jassin berlangsung di Perpustakaan Jakarta, Kompleks Taman Ismail Marzuki, Menteng, Jakarta Pusat, mulai 26 Agustus-17 September 2023.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan DKI Jakarta, Firmansyah mengatakan, pameran Perjalanan Pusat Dokumentasi Sastra HB Jassin menampilkan 170.000 koleksi dokumen, mulai dari puisi, esai, buku, majalah, kliping hingga surat-menyurat.

Baca Juga: Biar Paham Sejarah, DKI Jakarta Selenggarakan Pameran Seni Temporer di Museum Bahari

"Pameran ini untuk mengenang jasa-jasa Pak HB Jassin, beliau maestro di bidang sastra. Beliau sangat teliti dan apik dalam melakukan dokumentasi terkait sastra, tidak hanya di Indonesia, tapi juga dunia," ujar Firmansyah dikutip dari Berita Jakarta, Sabtu 26 Agustus 2023.

Firmansyah menjelaskan, berkat dokumentasi yang sudah dilakukan oleh HB Jassin baik dengan biaya sendiri maupun bantuan pemerintah dan lainnya, semua kalangan baik penulis, seniman, budayawan dan generasi muda bisa merasakan manfaatnya.

"Bahan dokumentasi ini menjadi rujukan dan referensi. Kita juga bisa belajar dari sosok Pak HB Jassin yang begitu sangat luar biasa melakukan proses dokumentasi selama hidupnya. Beliau melakukan koleksi dokumen dari usia dini," terangnya.

Menurutnya, melalui pameran Perjalanan Pusat Dokumentasi Sastra HB Jassin ini juga mengingatkan kepada masyarakat luas di Perpustakaan Jakarta yang dikelola Dinas Perpustakaan dan Kearsipan ada catatan milik beliau.

"Di sini tersimpan dokumen penting yang menjadi bagian sejarah perjalanan bangsa, tentang peradaban sastra di Indonesia. Jadi saya mengajak, ayo datang ke sini. Kita tambah wawasan, pengetahuan dan literasi kita," ungkapnya.

Halaman:

Editor: Tatang Adhiwidharta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah