Desty Bekali UMKM Indonesia di Panggung Konferensi ISSE 2023

- 29 Agustus 2023, 17:38 WIB
Desty Bekali UMKM Indonesia di Panggung Konferensi ISSE 2023
Desty Bekali UMKM Indonesia di Panggung Konferensi ISSE 2023 /Dok. Desty

KabarDKI.com - Desty, startup teknologi solusi commerce yang berbasis di Indonesia, sukses menyelenggarakan Indonesia SME Summit Expo 2023 (ISSE 2023) dengan mendorong lanskap bisnis bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia agar dapat menskalakan usaha mereka dan meraih pertumbuhan yang berkesinambungan.

Diadakan di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang, dari tanggal 29 hingga 31 Agustus 2023, ISSE bertujuan untuk mendorong inovasi, kreativitas, dan pertumbuhan UMKM dalam era digital yang terus berkembang.

Wakil Ketua Umum II Bidang Perekonomian Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Franky Oesman Widjaya mengungkapkan apresiasi setinggi-tingginya untuk Desty yang telah menginisiasi ISSE 2023 ini. Kegiatan ini dinilai Franky selaras dengan program Kadin, yaitu program Inclusive Closed Loop bagaimana UMKM bisa menikmati apa yang didapatkan perusahaan besar.

Baca Juga: Aplikasi Jagat Favorit GenZ Jadi Pilihan Utama Pedagang Tahu Bulat

“UMKM ini selain offline, juga agar menggunakan teknologi lebih enhance (maju) lagi secara keseluruhan, apalagi ada mentoring buat UMKM,” tutur Franky sebagai keynote speaker.

Dalam sambutannya, Sandiaga Salahuddin Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pun mengajak masyarakat untuk merefleksikan peran industri UMKM yang memiliki daya tarik unik yang dihasilkan melalui sentuhan kreativitas. Dia menilai, kreativitas memiliki peranan penting dalam industri UMKM yang bergerak maju dan beralih ke ranah digital.

“Kreativitas bukan hanya soal membuat bisnis Anda menonjol, tetapi juga tentang menciptakan solusi unik dan menghadapi perubahan dengan ide yang fresh dan baru. UMKM yang berinovasi memiliki daya saing lebih tinggi dan mampu memanfaatkan peluang-peluang baru dalam era digital,” ujar Sandiaga.

Sandiaga memandang, ISSE 2023 ini bukan sekadar event biasa, melainkan momentum inspiratif yang akan memberikan pandangan mendalam tentang bagaimana kreativitas dapat mengubah permainan dalam industri UMKM. Melalui event ini, diharapkan para pelaku UMKM akan pulang dengan semangat baru, ide-ide segar, dan strategi konkret untuk mengangkat bisnis UMKM ke level lebih tinggi.

Hal senada disampaikan Asisten Deputi Kemitraan dan Perluasan Pasar dan Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) Fixy yang hadir dan sempat berkeliling booth pada ISSE 2023, menilai bahwa event ini merupakan ekosistem yang akan membantu UMKM, terutama masalah branding.

Halaman:

Editor: Tatang Adhiwidharta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x