Seputar Fakta Unik Museum Nasional yang Terbakar pada Sabtu 16 September 2023 Malam

- 17 September 2023, 11:00 WIB
Seputar Fakta Unik Museum Nasional yang Terbakar pada Sabtu 16 September 2023 Malam
Seputar Fakta Unik Museum Nasional yang Terbakar pada Sabtu 16 September 2023 Malam /Instagram/@museumnasionalindonesia

KabarDKI.com - Ada seputar fakta unik Museum Nasional yang terbakar pada Sabtu 16 September 2023 malam yang sayang untuk dilewatkan. Bangunan yang biasa juga disebut Museum Gajah ini berlokasi di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat.

Sebelum terjadi kebakaran hebat, ada fakta unik Museum Nasional yang merupakan sebuah lembaga budaya yang memiliki koleksi berharga dalam bidang arkeologi, sejarah, etnografi, dan geografi.

Baca Juga: Museum Nasional Kebakaran, 32 Personel Turun Padamkan Si Jago Merah

Museum Nasional ini bukan hanya sebagai tempat penelitian. Namun juga menjadi tujuan wisata sejarah yang populer bagi masyarakat baik dari dalam dan luar negeri.

 

Berikut seputar fakta unik Museum Nasional sebelum terjadi kebakaran hebat Sabtu 16 September 2023 malam:

1. Sejarah Museum Nasional

Sejarah Museum Nasional sangat panjang, dimulai pada tahun 1778, ketika Bataviaasch Genootschap van Kunsten en Wetenschappen memprakarsai pendiriannya. Mulanya, koleksi-koleksi museum ini terdiri dari hibah dari Jacob Cornelis Radermacher beserta rumahnya.

Koleksi ini kian berkembang, lalu pada tahun 1862, pemerintah Belanda resmi mendirikan museum gajah ini. Museum Nasional yang kita kenal saat ini secara resmi dibuka pada tahun 1868. Gedungnya dirancang dalam gaya klasisisme yang mengadopsi elemen-elemen arsitektur Eropa abad ke-18.

2. Museum Nasional merupakan salah satu yang terbesar se-Asia Tenggara

Museum Nasional merupakan salah satu museum terbesar di Asia Tenggara, serta memiliki salah satu koleksi terbaik yang dimiliki Indonesia. Ia terletak di atas tanah seluas 26.500 meter persegi, dengan terdiri dari dua gedung utama.

Gedung A digunakan untuk pameran dan penyimpanan koleksi, sementara Gedung B, dikenal juga sebagai Gedung Arca, digunakan untuk berbagai keperluan seperti kantor, ruang konferensi, laboratorium, dan perpustakaan. Gedung B ini secara resmi dibuka oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pada tanggal 20 Juni 2007.

Halaman:

Editor: Tatang Adhiwidharta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x