13 Tips Lolos CPNS 2023, Persiapkan dari Sekarang!

- 26 September 2023, 09:08 WIB
CASN 2023
CASN 2023 /BKN

KabarDKI.com - Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) 2023 telah dibuka. Banyak masyarakat Indonesia memperebutkan posisi-posisi yang tersedia dan berharap lolos CPNS dan PPPK.

Secara dasarnya, seleksi CPNS merujuk pada tes yang ditujukan bagi individu yang ingin bekerja di lembaga pemerintah, terutama untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil. Dengan mengikuti tes ini, seseorang memiliki kesempatan untuk bekerja di berbagai lembaga pemerintah sesuai dengan pilihan mereka dan mencari tips lolos CPNS.

Lembaga pemerintah yang dimaksud mencakup berbagai instansi, seperti kementerian, lembaga hukum, dan pemerintah daerah, baik tingkat kabupaten/kota maupun provinsi.

Baca Juga: Daftar CPNS 2023 Pakai e-Meterai dan Begini Cara Beli dan Menambahkan di SSCASN

Tes CPNS dijadwalkan pada waktu tertentu, yang biasanya diumumkan oleh lembaga pemerintah terkait. Terdapat tiga kategori tes yang akan diuji dalam tes CPNS, yaitu Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Karakter Pribadi (TKP).

Oleh karena itu, berikut 13 tips lolos CPNS 2023:

1. Mempersiapkan Diri Secara Mental dan Fisik

Proses seleksi CPNS adalah sebuah perjalanan panjang yang membutuhkan stamina mental dan fisik yang kuat. Mulailah dengan menetapkan tujuan yang jelas dan buatlah rencana studi yang terstruktur.

Tetapkan jadwal belajar yang teratur, istirahat yang cukup, dan perhatikan pola makan sehat. Ingatlah untuk menjaga keseimbangan antara belajar dan waktu luang agar tidak terlalu stres.

2. Memahami Tipe Soal yang Akan Diujikan

Setiap seleksi CPNS memiliki berbagai jenis soal, seperti tes potensi akademik, tes wawasan kebangsaan, dan tes kompetensi bidang.

Mempelajari jenis soal yang akan diujikan secara mendalam akan membantu Anda mempersiapkan strategi belajar yang lebih efektif. Cari tahu pola soal, materi yang sering keluar, dan berlatihlah dengan contoh soal sebanyak mungkin.

Halaman:

Editor: Fareri


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah