Mantan Menkes Kenang Doni Monardo sebagai Sosok Sigap Merespons Kejadian Awal Pandemi

- 4 Desember 2023, 09:32 WIB
Mantan Menkes Kenang Doni Monardo sebagai Sosok Sigap Merespons Kejadian Awal Pandemi
Mantan Menkes Kenang Doni Monardo sebagai Sosok Sigap Merespons Kejadian Awal Pandemi /IST

KabarDKI.com - Mantan Menteri Kesehatan (Menkes) periode 2019--2020 Letnan jendral TNI (Purn) Terawan Agus Putranto kenang Letjen TNI Purn Doni Monardo sebagai sosok yang sigap merespons kejadian awal pandemi Covid-19 di kala pemerintah dihinggapi kendala anggaran.

"Mas Donny seorang prajurit yang patriot. Jiwa prajuritnya mengalir deras untuk ibu pertiwi. Semangatnya untuk kemanusiaan selalu membara seperti baret kebanggaannya," kata Terawan melalui juru bicara Oktafiandi di Jakarta, Senin.

Terawan mengisahkan pengalamannya bekerja sama dengan Donny Monardo saat Covid-19 menerjang Indonesia awal 2020.

Baca Juga: Mantan Kepala BNPB Doni Monardo Meninggal Dunia, Jenazah Dimakamkan di TMP Kalibata

Donny Monardo yang ditunjuk Presiden Jokowi atau Joko Widodo sebagai Ketua Gugus Tugas Percepatan Covid-19, kata Terawan, menyiapkan secara cepat segala instrumen intervensi yang dibutuhkan dengan mengedepankan kepentingan rakyat.

Di awal kasus kala itu, Kemenkes tidak bisa berbuat banyak untuk melakukan pencegahan penyebaran Covid-19 dikarenakan kendala pagu anggaran yang terbatas dalam menyiapkan keperluan untuk pencegahan seperti masker, alat pelindung diri, disinfektan, dan lainnya, tambah Terawan.

"Mas Donny melalui BNPB menyiapkan regulasi itu dengan dibentuknya gugus tugas, sehingga pagu anggaran bisa disiapkan oleh BNPB melalui Dana Siap Pakai (DSP) karena situasi bencana kesehatan. Mas Donny juga menyiapkan tempat isolasi di luar dari rumah sakit, seperti Wisma Atlet, dan lain sebagainya," katanya.

Selain itu, Terawan juga mengenang kepemimpinan Donny Monardo saat menjabat Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Baca Juga: Kabar Duka, Arist Merdeka Sirait Wafat di Usia 63 Tahun di Jakarta

Halaman:

Editor: Oktafian Wahyu Nugroho

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x