Harga BBM Naik per 1 Februari, Begini Cara Hemat Pemakaiannya

- 1 Februari 2024, 10:05 WIB
Harga BBM Naik per 1 Februari, Begini Cara Hemat  Pemakaiannya
Harga BBM Naik per 1 Februari, Begini Cara Hemat Pemakaiannya /IST

KabarDKI - Harga Bahan Bakar Minyak (BBM) Non Subsidi diprediksi naik pada 1 Februari 2024. Kondisi tersebut merupakan imbas dari naiknya Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor (PBBKB) DKI Jakarta menjadi 10%.

Seperti diketahui, Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Dirjen Migas) Tutuka Ariadji mengungkapkan, dampak kenaikan 10% Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor (PBBKB) di DKI Jakarta berimbas pada naiknya harga BBM, terutama non-subsidi.

Sebagai gambaran, harga BBM non-subsidi seperti Pertamax pada Februari 2024 dengan kenaikan 10% PBBKB bisa menjadi Rp14.130 per liter. Sementara sebelumnya, Rp13.556 per liter, karena nilai PBBKB masih 5%.

Baca Juga: Tips Memilih Asuransi Kecelakaan Beserta Perannya

Salah satu solusi paling jitu untuk menyiasati kenaikan harga BBM adalah beralih dari pemakaian kendaraan pribadi ke angkutan umum. Namun, jika pulang pergi lebih hemat memakai kendaraan pribadi karena domisili tempat tinggal yang jauh, maka satu-satunya cara adalah memakai kendaraan pribadi.

Dalam rilisnya kepada KabarDKI, Co-Founder Lifepal Benny Fajarai mengungkapkan beberapa langkah hemat lainnya yang bisa dilakukan guna mengatasi kenaikan bahan bakar jika harus memakai kendaraan pribadi.

Cara Hemat Pemakaian BBM 


1. Jaga Kondisi Mesin dengan Rajin Servis

Hal paling utama dilakukan untuk menghemat pemakaian BBM adalah rutin servis kendaraan. Sebab, kondisi mobil yang buruk menyebabkan pemakaian BBM lebih banyak dari biasanya. Rutin merawat mesin akan memperbaiki performanya lebih efektif. Tak hanya itu saja, rajin mengganti komponen mesin yang sudah aus dan sudah harus diganti juga turut membantu pemakaian bahan bakar lebih efisien.

Perawatan beberapa komponen mobil, mulai dari busi, sensor udara, filter bensin dan bearing yang harus rutin diganti akan menjaga mesin bekerja lebih efisien.

Halaman:

Editor: Tatang Adhiwidharta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x