Pemerintah Manfaatkan Lahan Rawa untuk Sumbang 20 Persen Persen Produksi Beras Nasional

- 12 Februari 2024, 19:26 WIB
Pemerintah Manfaatkan Lahan Rawa untuk Sumbang 20 Persen Persen Produksi Beras Nasional
Pemerintah Manfaatkan Lahan Rawa untuk Sumbang 20 Persen Persen Produksi Beras Nasional /Pixabay/Sasin Tipchai

KabarDKI.com - Pemerintah melalui Kementerian Pertanian membidik pemanfaatan lahan rawa untuk menanam padi. Ini dilakukan agar berkontribusi sebesar 20 persen dari produksi beras nasional pada 2026.

Berdasarkan data, Indonesia memiliki lahan rawa yang dapat dimanfaatkan untuk ketahanan pangan seluas 34,9 juta hektare.

“Lahan rawa ini, paling tidak bisa memberikan proporsi sekitar 20 persen dari produksi padi nasional,” ujar Direktur Program Youth Entrepreneurship and Employment Support Services (YESS) Idha Widi Arsanti dalam Konferensi Pers Young Ambassador Agriculture 2024 di Kementerian Pertanian, Jakarta, Senin (12/2).

Baca Juga: Benahi Masalah Pertanian Jadi Janji Ganjar Pranowo jika Terpilih Jadi Presiden

Idha yang juga menjabat sebagai Kepala Pusat Pendidikan Pertanian Kementerian Pertanian mengatakan bahwa program pemilihan Young Ambassador Agriculture (YAA) Petani Muda Lahan Rawa 2024 merupakan langkah awal untuk mewujudkan target tersebut.

Ia memetakan perkembangan optimalisasi lahan rawa dalam tiga tahun. Pada tahun pertama merupakan tahun yang berfokus pada investasi dan didukung oleh Kementerian Pertanian.

Pemilihan young ambassador agriculture atau duta petani muda ini, ucap Idha, merupakan ajang bagi para petani muda untuk menarik minat investor kepada usaha pertanian mereka.

“Tahun kedua, harapannya mereka sudah mulai bisa menuai untung,” kata Idha.

Selanjutnya, pada tahun ketiga, Idha berharap target kontribusi lahan rawa sebesar 20 persen terhadap produksi beras nasional dapat tercapai.

Halaman:

Editor: Tatang Adhiwidharta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x