Pemkot Jakbar Sulap Lahan Pembuangan Sampah Jadi Taman Hortikultura

- 16 Maret 2023, 16:45 WIB
Sekertaris Kota Jakarta Barat, Iin Mutmainah (kanan) saat meresmikan THK di kawasan Kembangan, Jakarta Barat, Kamis (16/3/2023)
Sekertaris Kota Jakarta Barat, Iin Mutmainah (kanan) saat meresmikan THK di kawasan Kembangan, Jakarta Barat, Kamis (16/3/2023) /Antara/

Kabardki.com - Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Barat mengapresiasi penataan kawasan di areal lahan seluas 1.839 meter di Kompleks Perumahan Permata Puri Media, RT 07/1, Kelurahan Kembangan Utara, Kembangan, Jakarta Barat.

Lahan yang semula ditumbuhi semak belukar dan tempat pembuang sampah, kini 'disulap' menjadi Taman Hortikultura.

"Di tatanya kawasan Taman Hortikultura ini merupakan gagasan baik dari lurah Kembangan Utara dan seluruh elemen masyarakat. Sebab areal yang dulunya kosong dan tempat pembuang sampah, sekarang menjadi taman hortikultura," kata Sekretaris Kota Jakarta Barat, Iin Mutmainah, Kamis (16/3).

Ia mengatakan, lahan seluas 1. 839 meter persegi ini dipenuhi aneka tanaman buah, tanaman hias dan pohon pelindung. Sehingga nantinya bisa dimanfaatkan dan dinikmati masyarakat sebagai sebuah aktivitas baru.

Lanjut Iin Mutmainah, penataan kawasan di areal lahan aset merupakan salah satu progam unggulan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

"Ada plang berisi lahan ini milik aset Pemprov DKI. Bicara pengamanan aset, ada tiga yang harus dilakukan. Pertama, aset telah tercatat di KIP Wali kota Jakbar, kedua, pengamanan fisik, seperti pemanfaatan lahan untuk taman, sudah dipagar dan dikelola. Ketiga pengamanan secara legal yakni pensertifikatan. Saat ini masih dalam proses," jelasnya.

Di tempat yang sama, Lurah Kembangan Utara, Rudi Haryanto menuturkan, Taman Hortikultura ini dibuat di areal lahan aset milik Pemprov DKI Jakarta, seluas 1.839 meter persegi.

Taman Hortikultura dibuat mulai bulan Oktober 2022 hingga Desember 2022. Kemudian dilanjutkan sebagai penataan kawasan pertama tahun 2023, hingga diresmikan oleh Sekretaris Kota Jakarta Barat, Iin Mutmainah.

"Pada areal ini ditanaman sebanyak 289 tanaman produktif dan tanaman hias, seperti jambu air, jambu biji, jambu jamaika, sirsak, rambutan, mangga dan sebagainya. Kemudian tanaman toga dan tanaman hias. Lahan juga ditata dibuat jalan setapak dan tempat duduk santai. Dan THK ini nantinya menjadi kawasan unggulan di Kelurahan Kembangan Utara," tandasnya.***

Editor: Rashif Usman


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x