Agar Tidak Panic Buying, Polri Pastikan Stok Pangan Aman sampai Lebaran 2023

- 29 Maret 2023, 00:17 WIB
Agar Tidak Panic Buying, Polri Pastikan Stok Pangan Aman sampai Lebaran
Agar Tidak Panic Buying, Polri Pastikan Stok Pangan Aman sampai Lebaran /Sri Yatni /


KabarDKI.com - Menjelang Lebaran 2023, Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) pastikan stok pangan aman, sehingga masyarakat diimbau tidak panic buying dan berbelanja bahan pokok sesuai kebutuhannya.

Memang jelang ramadhan kemarin, diketahui beberapa harga pangan mengalami kenaikan, hal ini tentu menjadi perhatian akan stok pangan di masyarakat.

Meski begitu, Polri melalui satgas pangan akan tetap menjaga agar stok pangan terdistribusi dengan baik dan diharap tak ada panic buying.

 



“Kami menginformasikan kepada masyarakat untuk tetap tenang, bahwa untuk ketersediaan pangan secara nasional ini cukup,” kata Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol. Dedi Prasetyo di Jakarta.

Baca Juga: Bapanas Galakkan Gerakan Pangan Murah untuk Jaga Ketersediaan Ramadhan dan Idul Fitri

Hal itu disampaikan Dedi usai mendengar pemaparan dari Satgas Pangan dan Kepala Badan Pangan Nasional dalam diskusi publik bertajuk “Keterjangkauan Pangan, Kesiapan Sarana dan Prasarana Transportasi Publik Jelang Mudik Lebaran 2023” yang diselenggarakan oleh Divisi Humas Polri.

Dedi merangkum dari hasil diskusi tersebut, bahwa untuk ketersediaan pangan secara nasional mencukupi hingga April mendatang. Sedangkan untuk harga pangan masih dalam batas wajar. Beberapa komoditi yang mengalami kenaikan seperti minyak goreng, cabai, dan beras.

Meski ada kenaikan dalam kategori wajar, tapi kata Dedi, Polri melalui Satgas Pangan akan terus memantau ketersediaan dan keterjangkauan bahan pokok baik dari tingkat pusat, provinsi hingga kabupaten/kota.

Baca Juga: KPKP Jakarta Barat Lakukan Pengecekan Stok dan Harga Pangan, Ditemukan Harga Daging dan Telur Naik

Pemantauan ini dilakukan setiap hari, informasi ketersediaan dan keterjangkauan harga pangan dilaporkan setiap hari Senin dalam rapat pimpinan daerah, maupun pusat.

“Di-update terus untuk ketersediaan pangannya seperti apa, untuk di tingkat kota/kabupaten, provinsi, nasional. Kemudian juga harga-harganya apakah dalam batas wajar ini semua dipantau,” katanya.

Kebijakan ini, dilakukan oleh pemerintah dalam rangka untuk masyarakat betul-betul memahami terkait ketersediaan pangan dan harga yang masih terjangkau selama Ramadhan hingga menjelang Idul Fitri nanti.***

Editor: Tatang Adhiwidharta

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x