Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi Koordinasikan Penanganan Arus Mudik dan Arus Balik

- 18 April 2023, 08:28 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. /Antara/Muhammad Bagus Khoirunas/

KabarDKI.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Senin (17/4), memimpin rapat koordinasi di Command Center Posko Angkutan Lebaran 2023, di Kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta, untuk mengoordinasikan kesiapan penanganan arus mudik dan balik di titik-titik krusial yang berpotensi terjadi kepadatan.

Budi Karya Sumadi menyebutkan salah satu titik krusial tersebut yaitu Pelabuhan Penyeberangan Merak-Bakauheni.

Dalam kesempatan tersebut, Menhub Budi Karya Sumadi membahas evaluasi dan upaya yang dilakukan, menyusul adanya kejadian kepadatan angkutan barang di Pelabuhan Ciwandan, Banten pada Minggu (16/4) kemarin.

Baca Juga: Lebaran Tanggal Berapa? Muhammadiyah Tetapkan Idul Fitri 1 Syawal 1444 H Tanggal 21 April 2023

“Saya ingin melakukan evaluasi agar apa yang terjadi kemarin di Ciwandan tidak berulang,” ujar Menhub.

Menhub mengungkapkan, beberapa faktor penyebab terjadinya kepadatan angkutan barang yang akan menuju Pelabuhan Ciwandan yaitu adanya peningkatan pergerakan truk dari Jawa ke Sumatera menjelang akan diterapkannya pembatasan angkutan barang pada Senin sore ini.

Baca Juga: Perumda Dharma Jaya Buka Gerai Daging di Transmart Buaran dan Cempaka Putih Jelang Idul Fitri 1444 H

Selain itu, faktor lainnya adalah kurangnya kapal dan tug boat, serta adanya keengganan para supir truk untuk menaiki kapal tujuan Pelabuhan Panjang, dan lebih memilih menuju Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni.

Sejumlah strategi telah disiapkan untuk mengurai kepadatan yang terjadi. Pertama yaitu menambah kapal dan tug boat yang beroperasi di Pelabuhan Ciwandan. Dalam rakor ini, perwakilan PT Atosim Lampung Pelayaran (ALP) sebagai operator kapal yang melayani rute Ciwandan–Panjang mengatakan telah menyiapkan tiga armada kapalnya.

Halaman:

Editor: Oktafian Wahyu Nugroho


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x