Melihat Wajah Jakarta Setelah Ibu Kota Negara Pindah

- 25 Mei 2023, 20:39 WIB
Melihat Wajah Jakarta Setelah Ibu Kota Negara Pindah
Melihat Wajah Jakarta Setelah Ibu Kota Negara Pindah /Instagram @bagasfeka

KabarDKI.com - Pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) terus berlangsung tahap demi tahap, termasuk di antaranya menentukan nasib Kota Jakarta ke depannya. Wajah Jakarta ke depannya semakin jelas dengan apa yang disampaikan Sekda DKI Jakarta Joko Agus Seyono.

Pemerintah sedang menyiapkan Rancangan Undang-Undang tentang Daerah Khusus yang saat ini dalam proses konsultasi publik. Harapannya, dengan hadirnya UU tentang Daerah Khusus, upaya mewujudkan Jakarta menjadi lebih baik bisa terealisasi dengan mulus.

Dalam rangka mewujudkan Jakarta lebih baik, salah satunya menjadikannya sebagai kota bisnis berskala global, bercermin dari New York di Amerika Serikat, setelah Ibu Kota AS itu pindah ke Washington DC.

Baca Juga: Pemprov DKI Jakarta Selenggarakan Uji Emisi Akbar Gratis

Terkait proses menjadi daerah khusus memang bukan perkara mudah. Banyak aspek yang dipertimbangkan, apalagi untuk menjadikan Jakarta sebagai kota bisnis.

Menurut Ketua Dewan Pimpinan Daerah Ikatan Konsultan Nasional Indonesia (DPD INKINDO) DKI Jakarta, Pung S Zulkarnain, aspek tata ruang dan zona ke depan menjadi hal penting untuk pengembangan Jakarta ke depan.

Hal ini, berkaitan dengan perencanaan aset eks instansi pemerintahan setelah berpindah ke Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur.

Menurut Pung, hal ini dapat diwujudkan dengan melakukan komunikasi secara berkesinambungan dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk secara bertahap menyiapkan infrastruktur pendukung mewujudkan kota bisnis global.

Halaman:

Editor: Tatang Adhiwidharta

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x