Anggota DPRD DKI Jakarta Sebut Program DP Nol Tak Bermanfaat

- 11 Juli 2023, 19:00 WIB
Anggota DPRD DKI Jakarta Sebut Program DP Nol Tak Bermanfaat
Anggota DPRD DKI Jakarta Sebut Program DP Nol Tak Bermanfaat /Pikiran-Rakyat.com/Amir Faisol

KabarDKI.com - Anggota Komisi D DPRD DKI Jakarta, August Hamonangan mengusulkan agar Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menghapus program hunian uang muka Rp0 atau DP Nol Rupiah. Program itu disebut tak bermanfaat.

"Jangan buang -buang uang rakyat. Kalau sudah masa DP Nol Rupiah tidak ada hasilnya, sudah dicoret saja," kata August saat rapat bersama Dinas Perumahan dan Permukiman DKI Jakarta di gedung DPRD DKI Jakarta, Selasa 11 Juli 2023.

Menurut August, program DP Nol rupiah tidak menjawab permasalahan masyarakat yang ingin memiliki hunian layak. Malah, anggota legislatif dari PSI menilai program yang dicetuskan oleh Anies Baswedan justru membuat warga memanfaatkan situasi dengan menyewakan unit kepada orang lain seperti yang terjadi di Apartemen Pondok Kelapa, Jakarta Timur.

Baca Juga: Sudin SDA Jaksel Luncurkan Program Rumah DP Nol Persen

Ia menyoroti pembuatan rumah hunian DP Nol Rupiah di Cilangkap, Jakarta Timur yang dianggap kurang efektif. Maka dari itu, August meminta hunian yang sebelumnya dijadikan DP Nol Rupiah dijadikan rumah susun sederhana sewa (rusunawa) saja.

"DP Nol Rupiah kalau memang sudah berbentuk rusun ya jadikan rusunawa saja karena masih banyak warga yang secara ekonomi sulit kalau dipaksakan untuk ikut program DP Nol Rupiah," ujar August.

Beredar di media sosial video rekomendasi sewa apartemen murah di Jakarta Timur seharga Rp1 juta per bulan tanpa biaya Iuran Pemeliharaan Lingkungan (IPL) di sebuah bangunan bertingkat di Pondok Kelapa, Jakarta Timur. Video ini sempat diunggah di reels Instagram namun kini unggahan telah dihapus.

Dalam video tersebut terlihat sekilas di pintu masuk ada sebuah stiker bertuliskan "Program DP Nol Rupiah Fasilitas Pemilikan Rumah Sejahtera Pemerintah Provinsi DKI Jakarta".

Baca Juga: PSI: JIS Dibangun Tanpa Perencanaan yang Matang, 80 Persennya Dana Utang

Halaman:

Editor: Tatang Adhiwidharta

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x