Pemprov DKI Gelar Festival Edukasi Pencemaran Udara di Car Free Day

- 16 Juli 2023, 13:41 WIB
Pemprov DKI Gelar Festival Edukasi Pencemaran Udara di Car Free Day
Pemprov DKI Gelar Festival Edukasi Pencemaran Udara di Car Free Day /Antara

KabarDKI.com - Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta bersama Organisasi Masyarakat Sipil menggelar festival mini di Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) berupa edukasi. Langkah ini dilakukan guna meningkatkan kesadaran publik soal pencemaran udara.

Festival mini bertajuk "Bersinergi Kita Birukan Langit Jakarta" digelar ketika warga tengah melakukan "car free day" atau HBKB di Bundaran HI di Jakarta, Minggu 16 Juli 2023.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta, Asep Kuswanto menyampaikan saat ini Strategi Pengendalian Pencemaran Udara (SPPU) merupakan prioritas Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI yang harus dituntaskan bersama.

Baca Juga: Sampah Plastik di Car Free Day Sudirman-Thamrin Berkurang

"Saat ini target Pemprov DKI adalah melakukan harmonisasi rencana aksi antardinas dan memastikan parameter kinerja untuk pengawasan dan evaluasi ditetapkan, sebelum SPPU menjadi sebuah keputusan gubernur yang akan mengikat penilaian kinerja dinas terkait," kata Asep.

Festival ini menjadi sarana edukasi publik untuk mengenal lebih dalam kondisi udara Jakarta dengan adanya penjelasan fitur-fitur di Stasiun Pemantauan Kualitas Udara (SPKU) reference grade DKI 1 Bundaran HI serta pameran Organisasi Masyarakat Sipil yang fokus soal isu udara.

Selain itu, terdapat konsultasi penyakit-penyakit yang diakibatkan pencemaran udara dan pemeriksaan kesehatan gratis dari Dinas Kesehatan DKI Jakarta.

Pemprov DKI Jakarta juga telah mengambil tindakan melalui kebijakan-kebijakan guna memulihkan kualitas udara.

"Jakarta telah mengambil inisiatif untuk mendorong percepatan perbaikan kualitas udara Jabodetabek melalui strategi pengendalian, uji emisi kendaraan bermotor, pengelolaan dan pertukaran data terpadu serta inventarisasi emisi," kata Asep.

Halaman:

Editor: Tatang Adhiwidharta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x