Sepekan Kunjungi Afrika, Pertamina Jalin Sejumlah Kerjasama

- 25 Agustus 2023, 12:07 WIB
Sepekan Kunjungi Afrika, Pertamina Jalin Sejumlah Kerjasama
Sepekan Kunjungi Afrika, Pertamina Jalin Sejumlah Kerjasama /

KabarDKI.com – Pada pekan ini, Pertamina Group mendampingi Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dalam lawatannya ke empat negara di Afrika yaitu Kenya, Tanzania, Mozambik dan Afrika Selatan. Pertamina sebagai BUMN turut menyukseskan semangat Asia-Afrika dengan membawa misi pemerintah untuk meningkatkan hubungan bilateral masing-masing negara.

“Kunjungan ini membawa semangat Konferensi Asia-Afrika dan Bandung Spirit, untuk melanjutkan solidaritas dan kolaborasi antar negara-negara di Global South. Hubungan Global South harus terus diperkuat karena menguasai 35% populasi global sehingga memiliki suara yang besar di dunia,” terang Presiden Joko Widodo dalam sambutannya saat berkunjung ke Tanzania, Dar Es Salaam, 22 Agustus 2023.

Baca Juga: Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah akan Cabut 3 Kepmenaker Guna Lindungi Pekerja Migran Indonesia

Di tiap negara, Presiden Joko Widodo menyampaikan dukungan dan apresiasinya kepada Pertamina atas langkah penjajakan masuk ke bisnis migas di Afrika.

Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati mengungkapkan, Pertamina membawa beberapa inisiasi kerjasama di bidang hulu, midstream, hilir dan panas bumi (geothermal) ke Afrika. Pada periode kunjungan ini, Pertamina melakukan empat penandatanganan komitmen di 4 negara Afrika.

Di Kenya, terdapat 2 kerjasama yang terjalin yakni dengan Africa Geothermal International Limited (AGIL) serta National Oil Corporation of Kenya (NOCK). Penandatanganan dilakukan Pertamina melalui anak usaha subholding Pertamina NRE PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGEO) dan anak usaha subholding Pertamina Upstream PT Pertamina Internasional Eksplorasi dan Produksi (PIEP).

"Pertamina membuka peluang untuk bekerja sama, dan Afrika memiliki bisnis yang sesuai dan dibutuhkan oleh Pertamina. Kami memiliki pengalaman, kompetensi dan kapabilitas untuk mengerjakannya," jelas Nicke.

Menurut Nicke, dalam setiap kerja sama yang dilakukan Pertamina Group, akan diutamakan kerja sama yang menguntungkan bagi negara Indonesia. “Spirit bring the barrel home, footprint Pertamina di sektor hulu untuk meningkatkan produksi, agar bisa diolah di kilang milik Pertamina di dalam negeri, untuk meningkatkan ketahanan energi nasional kita,” tambahnya.

Baca Juga: Presiden Jokowi Dukung Pertamina Kembangkan Potensi Bisnis di Kenya

Halaman:

Editor: Oktafian Wahyu Nugroho


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x