Dugaan Penyebab Kebakaran Museum Nasional Berasal dari Bedeng Proyek

- 17 September 2023, 06:13 WIB
Dugaan Penyebab Kebakaran Museum Nasional Berasal dari Bedeng Proyek
Dugaan Penyebab Kebakaran Museum Nasional Berasal dari Bedeng Proyek /ANTARA/Humas JakFire

KabarDKI.com - Dugaan penyebab kebakaran Museum Nasional atau Museum Gajah berasal dari bedeng proyek yang mengalami korsleting. Museum yang terletak di Jalan Medan Merdeka Barat, Gambir, Jakarta Pusat, ini memang tengah mengalami renovasi.

Penyebab kebakaran Museum Nasional, disebut Kepala Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Kasudin Gulkarmat) Asril Rizal berasal dari korsleting listrik. Hal itu menjadi pemicu kebakaran tepatnya di Gedung Blok A yang menjadi ruang pameran koleksi museum.

Baca Juga: Museum Nasional Kebakaran, 32 Personel Turun Padamkan Si Jago Merah

"Korsleting listrik di belakang pameran museum diduga berasal dari area bedeng tukang yang sedang melaksanakan perbaikan gedung Blok C," kata Asril di Jakarta, Sabtu 16 September 2023 malam.

Berdasarkan laporan kebakaran Sudin Gulkarmat Jakarta Pusat, kronologi kebakaran berawal ketika petugas keamanan sedang melaksanakan apel.

Tidak lama kemudian sekira pukul 19.58 WIB, terjadi ledakan besar dari arah bedeng proyek yang sedang mengerjakan renovasi di Museum Nasional.

Baca Juga: Terkuak! Ini Dia Penyebab Kebakaran di Gedung K-link

Alarm gedung pun berbunyi dan saat dilihat, api sudah membesar.

Sudin Gulkarmat Jakarta Pusat menambah personel dari awalnya 32 petugas menjadi 52 petugas untuk memadamkan kebakaran di Museum Nasional, tepatnya di gedung A.

Halaman:

Editor: Tatang Adhiwidharta

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x