Antisipasi Harga Beras Naik, Perpadi Apresiasi Langkah Presiden Jokowi

- 23 Oktober 2023, 13:35 WIB
Antisipasi Harga Beras Naik, Perpadi Apresiasi Langkah Presiden Jokowi
Antisipasi Harga Beras Naik, Perpadi Apresiasi Langkah Presiden Jokowi /Foto/Ist/KC/

KabarDKI.com - Persatuan Pengusaha Penggilingan Padi dan Beras (Perpadi) Indonesia mengapresiasi langkah cepat pemerintahan Presiden Jokowi atau Joko Widodo dalam mengamankan pasokan beras di dalam negeri. Langkah ini dilakukan guna mencegah harga komoditas melonjak di pasaran.

"Beberapa waktu lalu harga sempat naik karena tidak ada berasnya. Sekarang harganya turun berkat kebijakan Jokowi," kata Ketua Perpadi DKI Jakarta Nellys Soekidi.

Ia mengatakan, selain melalui impor beras yang telah berjalan, operasi pasar yang diterapkan dengan baik oleh pemerintah dan pelaku usaha juga berdampak positif dalam menurunkan harga beras.

Baca Juga: Mendag Sebut Harga Beras Sudah Mulai Turun

Menurut laman resmi Pasar Induk Beras Cipinang, kata Nellys, harga beras per kg pada 23 Oktober ada di angka Rp12.825 per kilogram, sudah turun dibandingkan bulan September yang menyentuh Rp13.222.

Sementara itu, ia menjelaskan bahwa lebih dari 700 pelaku usaha beras yang tergabung dalam Perpadi Indonesia ikut serta dalam rapat kerja nasional (Rakernas) di Surakarta, Jawa Tengah, pada 23--25 Oktober 2023 untuk membahas isu-isu industri beras terkini.

Beberapa hal yang akan dibahas dalam Rakernas tersebut di antaranya revitalisasi penggilingan padi dan stabilisasi harga beras di tengah fenomena El Nino yang menyebabkan kemarau panjang dan fluktuasi harga beras.

"Sebagai pelaku usaha, kami berencana menyusun langkah bagaimana harga beras stabil serta kemandirian pangan," papar Nellys.

Ia mengatakan bahwa Indonesia berpotensi kekurangan beras akibat kemarau panjang. Kementerian Pertanian juga memprediksi produksi beras nasional defisit 1,2 juta ton karena kemarau panjang.

Halaman:

Editor: Tatang Adhiwidharta

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x