PT MRT Jakarta Akan Bangun Stasiun Bertingkat Bawah Tanah Pertama di Indonesia

- 21 Februari 2024, 07:10 WIB
Penumpang menaiki kereta MRT di Stasiun MRT Bundaran HI, Jakarta. Pemprov DKI Jakarta menetapkan jam operasional transportasi umum hingga pukul 24:00 WIB.
Penumpang menaiki kereta MRT di Stasiun MRT Bundaran HI, Jakarta. Pemprov DKI Jakarta menetapkan jam operasional transportasi umum hingga pukul 24:00 WIB. //Foto: ANTARA/Indrianto Eko Suwarso

KabarDKI.com - Indonesia bakal memiliki stasiun bertingkat di bawah tanah pertama. Stasiun tersebut rencananya masuk dalam proyek MRT fase 2A CP 202 yang nantinya berlokasi di Sawah Besar dan Mangga Besar, Jakarta Pusat.

Konsep yang disebut 'stacked platform, stacked tunnel' atau platform bertumpuk dan terowongan bertumpuk tersebut tidak lepas dari keterbatasan area yang ada di sepanjang Jalan Gajah Mada (letak Stasiun Gajah Mada) dan Hayam Wuruk (letak Stasiun Mangga Besar).

Baca Juga: PT MRT Jakarta Bakal Hentikan Penggunaan Kartu Multi Trip

"Ini jadi stasiun bertingkat bawah tanah pertama di Indonesia," kata Direktur Konstruksi PT MRT Jakarta Weni Maulina dalam Forum Jurnalis MRT Jakarta, dikutip dari ANTARA.

"Penggunaan konsep 'stacked platform' dan 'stacked tunnel' (peron dan terowongan bertumpuk) ini dikarenakan keterbatasan area di sepanjang Jalan Gajah Mada dan Hayam Wuruk," tambahnya.

Seperti diketahui MRT Fase 2A CP 202 saat ini sudah mencapai 25,5 persen per Januari 2024. Fase 2A MRT Jakarta ini nantinya bakal mengubungkan Stasiun Bundaran HI sampai ke Kota. Stasiun Sawah Besar dan Mangga Besar termasuk dalam jalur yang tengah dibangun, dan lokasinya nanti berada di bawah tanah.***

Editor: Endah

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x