Sambut KTT ASEAN, Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono Gencar Menata dan Percantik Wilayah

- 8 April 2023, 22:00 WIB
Sambut KTT ASEAN, DKI Jakarta Gencar Menata dan Percantik Wilayah
Sambut KTT ASEAN, DKI Jakarta Gencar Menata dan Percantik Wilayah /Antara


KabarDKI.com - Dalam menyambut tuan rumah KTT ASEAN, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengencarkan program Penataan Kota untuk mempercantik wilayah yang ada di Ibu Kota.

Untuk diketahui, KTT ASEAN akan digelar di Jakarta pada September 2023, atau setelah ASEAN Summit 2023 di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur pada 9-11 Mei.

Program penataan yang paling baru, Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono memastikan perbaikan taman Kalijodo di Jakarta Utara guna meningkatkan kenyamanan para peserta Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN di ruang publik, khususnya Ruang Terbuka Hijau (RTH).

 Baca Juga: Tinjau RTH Kalijodo, Pj Gubernur DKI Heru: 2 Hektare Ini Harus Kita Rawat



Secara teknis, Pj Gubernur Heru memerintahkan Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta untuk melakukan perbaikan hingga perawatan pada bagian bangunan dan fasilitas Ruang Publik Terbuka Ramah Anak (RPTRA) tersebut.

“Dinas Pertamanan akan memperbaiki hal-hal yang harus dirawat, termasuk memperbaiki kanopi, pengecatan, dan lain-lain,” ujar Pj Gubernur Heru.

Tak hanya itu, demi meningkatkan minat wisata ke Jakarta, Pj Gubernur Heru meminta agar diadakan berbagai kegiatan atau acara yang bersifat rutin maupun seremonial di taman Kalijodo. Misalnya ajang kejuaraan sepeda BMX dalam rangka memeriahkan HUT DKI Jakarta Juni mendatang.

“Saya minta di sini ada kegiatan rutin, nanti informal saya datang. Saya minta Dinas Pertamanan dan Hutan Kota untuk berkomunikasi dengan komunitas BMX mengadakan kegiatan, nanti hadiahnya biar dari saya. Saya harap mereka rutin adakan program dan kegiatan saja, hadiahnya nanti kita pikirkan," tutur Heru.

Menanggapi perintah Pj Gubernur DKI Heru, Kepala Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta Bayu Meghantara menerangkan pihaknya akan segera menindaklanjuti karena anggaran untuk perbaikan dan perawatan telah turun, termasuk aktivasi RPTRA Kalijodo dalam waktu dekat.

“InsyaAllah perbaikan tembok, atap, dan fasilitas lainnya akan dilakukan setelah lebaran. Itu sudah dianggarkan,” kata Bayu.

 Baca Juga: Jelang KTT ASEAN 2023, Jakarta Terus Bersolek



Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono Percantik Wilayah

Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menginstruksikan kepada jajaran Pemerintah di lima kotamadya untuk merawat dan mempercantik wilayahnya guna menyambut kedatangan delegasi KTT ASEAN di Jakarta. Untuk wilayah Jakarta Barat, Heru meminta kawasan Kota Tua agar ditata dengan baik.

"Karena ada KTT ASEAN maka level menteri, level kepala negara nanti salah satunya melihat Kota Tua," tutur Heru Budi.

Pj Gubernur Heru pun meminta suku dinas terkait untuk bersinergi dalam menata dan menjaga kawasan wisata Kota Tua. Suku Dinas Perhubungan juga dilibatkan untuk memastikan kawasan Kota Tua tidak mengalami kemacetan saat ada kunjungan delegasi KTT ASEAN.

Suku Dinas Bina Marga juga dilibatkan dalam menjaga kondisi trotoar dan lampu penerang jalan umum. Pastikan kondisi sarana dan prasana itu berfungsi dengan baik.

"Kami berharap kawasan Kota Tua bisa menjadi ikon wisata kebanggaan yang bisa dibawa ke panggung internasional," tukasnya.***

Editor: Tatang Adhiwidharta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x