Wujudkan NZE, Pemprov DKI Jakarta Hadirkan Ruang Terbuka Hijau di Area Tol Becakayu

- 28 April 2023, 15:45 WIB
Pj Gubernur hadirkan Ruang Terbuka Hijau
Pj Gubernur hadirkan Ruang Terbuka Hijau /

KabarDKI.com-Pemprov DKI Jakarta terus berupaya meningkatkan Ruang Terbuka Hijau sebagai aksi dukungan terwujudnya Net Zero Emission (NZE). Pada Jumat (28/4), di kolong tol Becakayu, Pemprov DKI Jakarta bersinergi dengan PT Aneka Tambang (Persero) Tbk (Antam) mencanangkan aksi penanaman 1.000 pohon untuk NZE 2060.

Penjabat (Pj.) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengatakan, lahan kolong tol Becakayu dan sekitarnya yang meliputi beberapa kelurahan masih memungkinkan untuk dilakukan penanaman. Masyarakat dapat memilih jenis tanaman sesuai dengan karakteristik lokasi di wilayahnya. Para lurah dapat menggerakkan seluruh stakeholder di wilayahnya untuk berpartisipasi dalam penataan wilayah dengan melakukan penanaman. Dinas terkait di lingkup Pemprov DKI Jakarta berperan memfasilitasi sesuai dengan fungsinya.

Baca Juga: DKI Jakarta Konsisten Mempererat Sister City Bersama Kota Shanghai

"Terima kasih kepada Antam yang telah membantu Jakarta dengan program penanaman ini, termasuk pemberian bibit pohon, di antaranya ada pohon buah dan berbagai jenis lain yang bisa bermanfaat untuk masyarakat, serta lingkungan," kata Pj. Gubernur Heru selepas menanam jambu kristal dan jeruk lemon saat acara, Jumat (28/4).

Baca Juga: H+4 Lebaran 55,8 Persen Kendaraan Belum Kembali ke Jakarta

Tidak hanya itu, Pj. Gubernur Heru juga memastikan kegiatan penanaman pohon akan terus berlanjut di berbagai wilayah DKI Jakarta. Jajaran Pemprov DKI berdiskusi untuk menetapkan lokasi-lokasinya dan melakukan monitoring kegiatan tersebut secara rutin dan berkelanjutan.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Perikanan (DKPKP) DKI Jakarta, Suharini Eliawati menjelaskan, kolong tol Becakayu merupakan lahan potensial untuk dilakukan penanaman berbagai jenis tanaman mengingat lokasinya yang berdekatan dengan sumber air dan cukup sinar matahari. Terbukti beberapa tanaman sayuran yang ditanam beberapa bulan lalu saat ini sudah bisa dipanen dan hasilnya dinikmati masyarakat yang mengelola.

“Penanaman bersama dengan Antam ini difokuskan pada tanaman produktif yang memiliki perakaran dangkal, tidak terlalu tinggi dan cepat panen sehingga dapat segera dinikmati hasilnya oleh masyarakat,” jelasnya.

Baca Juga: Penumpang Arus Balik di Terminal Lebak Bulus Sepi

Halaman:

Editor: Oktafian Wahyu Nugroho


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x