Mendag Yakin Nilai Perdagangan Indonesia dan Selandia Baru Naik 2 Kali Lipat di 2024

- 21 Agustus 2023, 16:19 WIB
Mendag Yakin Nilai Perdagangan Indonesia dan Selandia Baru Naik 2 Kali Lipat di 2024
Mendag Yakin Nilai Perdagangan Indonesia dan Selandia Baru Naik 2 Kali Lipat di 2024 /zul.hasan/

KabarDKI.com - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan yakin nilai perdagangan Indonesia dan Selandia Baru akan meningkat dua kali lipat menjadi sekitar 4 miliar dolar AS pada 2024. Ini jika dilihat perbandingan pada 2022 sebesar 2,1 miliar dolar AS.

“Kita sama-sama optimistis perdagangan kita 2024 bisa melebihi 4 miliar dolar AS. Sekarang masih di bawah,” kata Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan setelah pertemuan bilateral dengan Menteri Negara Perdagangan dan Pertumbuhan Ekspor Selandia Baru Rino Tirikatene di sela Pertemuan Menteri Ekonomi ASEAN (AEM) ke-55 di Semarang, Jawa Tengah, Senin 21 Agustus 2023.

Menurut Zulhas- sapaan akrab Mendag- untuk mendukung peningkatan nilai perdagangan itu, Indonesia dan Selandia Baru telah menyepakati protokol kedua perubahan Persetujuan Perdagangan Bebas ASEAN-Australia-Selandia Baru (AANZFTA). Rencananya protokol kedua perubahan AANZFTA akan diteken Indonesia dan Selandia Baru hari ini.

Baca Juga: Mendag Zulhas Bakar Baju Bekas Impor Senilai Rp30 Miliar di 2 Kota

Dalam perubahan AANZFTA, diketahui terdapat bab baru terkait UMKM, perdagangan dan pembangunan berkelanjutan. Selain itu, terdapat pula sejumlah pembaruan mengenai ketentuan persaingan usaha, prosedur kepabeanan, perdagangan barang, jasa, investasi, perdagangan daring (e-commerce) yang lebih fasilitatif dibanding protokol sebelumnya pada AANZFTA.

Selain meningkatkan perdagangan, Indonesia dan Selandia Baru, dalam pertemuan bilateral Senin ini juga membahas mengenai peluang kerja sama pendidikan, seperti pertukaran pelajar.

Baca Juga: Kebijakan Larangan Pakaian Impor, DPR: Siapa yang Dibela Mendag dan Menkop UMKM?

“Selandia Baru itu walaupun kecil tapi pendidikannya maju dan standar moralnya tinggi. Oleh karena itu tadi kita berharap kerja sama pendidikan ini lebih kita tingkatkan, apakah dia bikin di sini atau pelajar kita yang kita kirim ke sana,” ujarnya.

Setelah bertemu dengan Menteri Selandia Baru, Mendag Zulhas juga bertemu dengan perwakilan Dewan Usaha AS-ASEAN. Dalam pertemuan itu, kalangan pebisnis AS menyampaikan ingin menjalin kerja sama di bidang digitalisasi UMKM, industri makanan ternak, dan produk mainan.

Halaman:

Editor: Tatang Adhiwidharta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x