Tarif Listrik 13 Golongan Nonsubsidi Tidak Naik hingga Akhir 2023, Ini Daftarnya!

- 18 September 2023, 14:10 WIB
Tarif Listrik Kwh Meter
Tarif Listrik Kwh Meter /Antara

KabarDKI.com - Tarif listrik bagi 13 golongan pelanggan nonsubsidi hingga akhir 2023 atau periode Oktober hingga Desember 2023 tetap atau tidak naik.

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Jisman P Hutajulu menyampaikan, pemerintah berkomitmen untuk tetap menjaga daya beli masyarakat dan daya saing sektor bisnis serta industri.

Lebih lanjut Jisman menyampaikan bahwa tarif tenaga listrik untuk 25 golongan pelanggan bersubsidi juga tidak mengalami perubahan, dan tetap diberikan subsidi listrik, termasuk di dalamnya pelanggan sosial, rumah tangga miskin, bisnis kecil, industri kecil, dan pelanggan yang peruntukan listriknya bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Baca Juga: Asik, Tarif Listrik Nonsubsidi Tidak Naik hingga Akhir 2023

Sementara itu, PT PLN (Persero) siap menjalankan keputusan pemerintah melalui Kementerian ESDM untuk menjaga tarif tenaga listrik bagi 13 golongan pelanggan non-subsidi tidak mengalami kenaikan atau tetap.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, PLN siap menjalankan keputusan pemerintah terkait tarif tenaga listrik untuk kuartal IV 2023. Lebih lanjut, PLN berkomitmen untuk menyediakan pasokan listrik yang andal bagi seluruh masyarakat dan sektor bisnis hingga industri di tanah air yang sedang tumbuh.

“Kehadiran listrik sangat penting bagi pergerakan roda ekonomi. Kami terus memastikan pelanggan dapat terus memperoleh listrik yang andal dan berkualitas,” ujar Darmawan, Senin, 18 Desember 2023.

Berikut daftar tarif listrik 13 golongan non subsidi Periode Oktober hingga Desember:

1. Golongan R-1/TR daya 900 VA, Rp1.352 per kWh.

2. Golongan R-1/ TR daya 1.300 VA, Rp1.444,70 per kWh.

Halaman:

Editor: Fareri


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x