Polri Gelar Pameran Karikatur Pemilu 2024 di Bundaran HI

- 24 September 2023, 14:18 WIB
Polri Gelar Pameran Karikatur Pemilu 2024 di Bundaran HI
Polri Gelar Pameran Karikatur Pemilu 2024 di Bundaran HI /Antara

KabarDKI.com - Sekolah Staf dan Pimpinan Menengah (Sespimmen) Kepolisian Republik Indonesia (Polri) Pendidikan Reguler (Dikreg) ke-63 gelar pameran karikatur Pemilu 2024 di Bundaran HI, Jakarta Pusat. Ini dilakukan mengingat Indonesia menyongsong pemilihan umum tahun depan.

Polri menggelar pameran karikatur ini di lokasi "Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB), Pos Polisi Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta Pusat, Minggu 24 September 2023.

“Dalam rangka menjelang pesta demokrasi 2024," kata Kepala Tim (Katim) Sespimmen Polri Dikreg Ke-63, Kompol Akta Wijaya saat menjelaskan mengenai pameran karikatur tersebut.

Baca Juga: Kurang dari Setahun, Survei: Kepercayaan Publik ke Polri Pulih

Melalui pameran karikatur Pemilu 2024, pihaknya mau menampilkan bahwa pesta demokrasi bisa dilaksanakan dengan cara yang menyenangkan dan menyejukkan.

"Kenapa kita pakai konsep ini? Karena konsep 'artpolisting' ini kita mau menampilkan bahwa politik atau demokrasi bisa dilaksanakan dengan cara yang menyenangkan dan menyejukkan,” katanya.

Akta juga menjelaskan, pameran ini bertema anekdot dari Presiden Ke-4 Republik Indonesia Abdurrahman Wahid alias Gus Dur, yakni "Gitu Aja Kok Repot, Politik Mesem. Adem Ayem".

Akta juga mengatakan, hasil karya yang dipamerkan dalam pameran ini di antaranya berasal dari karya milik tujuh seniman, yaitu GM Sudarta, Itok Isdiyanto, Non-o (Sudi Purwono), Gatot Eko Cahyono (Gatote), Pramono R Pramoedjo, Thomas Lionar dan Anwar Rosyid.

Baca Juga: Agar Tidak Panic Buying, Polri Pastikan Stok Pangan Aman sampai Lebaran 2023

“Ada banyak karyanya, sekitar 100 ada lebih ya. Jadi kami menggaet mereka, pendekatannya adalah dengan karikatur dan beberapa lukisan menjelaskan bagaimana situasi politik,” kata Akta.

Selain di Bundaran Hotel Indonesia (HI) Jakarta, karya ini juga dipamerkan di beberapa kota besar di antaranya Batam, Bali, Pontianak, Palembang dan Surabaya sejak Agustus 2023 hingga September 2023.

Ia berharap masyarakat dapat meramaikan acara pameran ini guna mengetahui kondisi politik menjelang Pemilu 2024.

“Harapannya semoga jauh lebih baik dan jauh lebih ramai dari hari ini karena yang memang mau kami sentuh adalah rasa yang menyenangkan dan juga bagi masyarakat supaya paham,” pungkas Akta.***

Editor: Tatang Adhiwidharta

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x