Cegah Penyakit DBD, Gebyar PSN di Pulau Pari Libatkan Puluhan Petugas

- 23 April 2024, 15:47 WIB
Kabupaten Kepulauan Seribu Selenggarakan Gebyar PSN di Pulau Pari
Kabupaten Kepulauan Seribu Selenggarakan Gebyar PSN di Pulau Pari /Sudin Kominfotik Kepulauan Seribu

 

KabarDKI.com-Kabupaten Kepulauan Seribu melakukan kegiatan Gebyar Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) di Pulau Pari, Kepulauan Seribu Selatan, Selasa (23/04/2024).

Kegiatan ini dilakukan sebagai upaya Kabupaten Kepulauan Seribu mencegah serta menekan angka kasus Demam Berdarah Dengue (DBD).

Baca Juga: Dinas Kesehatan DKI Jakarta Gencarkan Pemberantasan Sarang Nyamuk untuk Cegah DBD

Kepala Bagian Perekonomian dan Pembangunan (Ekbang) Kepulauan Seribu, Endro Mukti Wibowo mengatakan, Gebyar PSN di Pulau Pari dilakukan di empat RT dan satu lokasi yang diperkirakan menjadi sarang nyamuk.

"Penyusuran dilakukan ke tempat-tempat yang rawan menjadi sarang nyamuk seperti bak komunal, bak kontrol, pembuangan air rumah warga dan sumur tidak terpakai. Bahkan, ada satu empang tidak terpakai yang menjadi intensif kita hari ini, berdasarkan laporan tempat itu sarang nyamuk," ujar Endro.

Endro menyarankan kepada pemilik empang, untuk segera menutup dan mengeruk empang tersebut agar tidak menjadi sarang nyamuk dan bisa difungsikan sebagai tempat pariwisata, seperti dibuat restoran atau pemandian bilas wisatawan, mengingat lokasi tersebut berada di area Pantai Pasir Perawan, Pulau Pari.

"Sayang jika tidak dimanfaatkan, kami juga sudah berkomunikasi dengan pemilik, untuk menutup empang tersebut dan dijadikan tempat yang lebih bermanfaat sehingga ekonomi tetap tumbuh," ungkapnya.

Baca Juga: Cegah Stunting, Hindari Pernikahan Dini

Endro menegaskan, Gebyar PSN ini juga digencarkan di pulau penduduk yang ada di enam kelurahan, bahkan sudah ada petugas yang rutin melakukan pengecekan jentik-jentik nyamuk di wilayahnya.

Halaman:

Editor: Oktafian Wahyu Nugroho


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x