DLH DKI Jakarta Ajak Warga Terapkan 'Green Ramadhan'

- 19 Maret 2024, 13:10 WIB
Terlihat kondisi Taman Menteng yang nyaman untuk dikunjungi.*/Instagram/Jakarta.tourism
Terlihat kondisi Taman Menteng yang nyaman untuk dikunjungi.*/Instagram/Jakarta.tourism /

KabarDKI.com - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta mengajak para warga untuk menerapkan "Green Ramadhan" selama berpuasa. Namun sebelum berbicara lebih jauh, apa itu green ramadhan?

Menurut Kepala DLH DKI Jakarta Asep Kuswanto, green ramadhan merupakan konsep menjalankan ibadah puasa dengan penuh makna dengan memaknai hubungan alam dengan manusia. Menurutnya penerapannya bisa dengan masak secukupnya agar tidak ada makanan lebih yang terbuang sia-sia. Atau memasak hidangan berbuka puasa yang bisa dikonsumsi hingga sahur.

Baca Juga: Jadwal Buka Puasa Hari Ini Selasa 19 Maret untuk DKI Jakarta

“Bulan Ramadan merupakan momentum untuk memulai perhatian kita terhadap hubungan dengan lingkungan. Kita bisa menunjukkan rasa syukur dengan menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan,” tukas Asep seperti dikutip dari website Pemprov DKI Jakarta.

“Prinsipnya kita kurangi food loss seperti saat distribusi bahan pangan di pasar-pasar dan kurangi food waste atau sikap mubazir dalam konsumsi,” terang Asep.

Selain itu, Asep menambahkan green ramadhan juga bisa diterapkan dengan mengurangi pengunaan plastik saat berbelanja. Alih-alih menggunakan plastik sekali pakai, Asep menyarankan warga untuk memanfaatkan wadah makanan atau minuman yang bisa dipakai ulang.***

Editor: Endah


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x