Sopir Bajaj Mengeluhkan Adanya Pungli di Kawasan Pintu Masuk Jakarta Fair

- 15 Juni 2023, 12:10 WIB
Sopir Bajaj Mengeluhkan Adanya Pungli di Kawasan Pintu Masuk Jakarta Fair
Sopir Bajaj Mengeluhkan Adanya Pungli di Kawasan Pintu Masuk Jakarta Fair /

KabarDKI.com - Sopir Bajaj mengeluhkan adanya pungutan liar (pungli) dari organisasi kemasyarakatan (ormas) hingga oknum berseragam Dinas Perhubungan (Dishub) di salah satu kawasan pintu masuk Jakarta Fair Kemayoran, Jakarta Pusat.

Salah satu sopir Bajaj berinisial AR, mengaku pada malam pembukaan Jakarta Fair, seluruh bajaj yang menaikkan penumpang akan ditagih sebesar Rp5.000.

"Setiap kali narik bawa penumpang, kita bayar Rp5.000 ke ormas tersebut. Itu beda lagi tadi sama yang dari Dishub, sekali saja mintanya Rp200 ribu," kata AR seperti dikutip dari Antara, Kamis 15 Juni 2023.

Baca Juga: Cara Membeli Tiket Jakarta Fair 2023 Lengkap Beserta Linknya di Sini

AR menjelaskan selain kepada ormas, ia dan supir bajaj lainnya juga dipungut bayaran sebesar Rp200 ribu yang dibayar secara patungan atau Rp3.000 per bajaj kepada salah satu oknum berseragam Dishub.

Namun, pungutan tersebut hanya diminta satu kali saja pada malam pembukaan Jakarta Fair, Rabu 14 Juni 2023 malam.

Setidaknya ada 30 unit bajaj yang parkir di kawasan pintu masuk II Gambir Expo, Jalan Benyamin Suaeb, Jakarta Pusat. AR mengaku terpaksa membayar pungutan tersebut kepada salah satu ormas karena mereka mengancam akan mengalihkan lajur parkir bajaj menjadi parkir liar sepeda motor.

"Kalau 'gak digituin', (lahan) kita buat parkir motor. Parkir motor, (tarif) satu motor Rp10ribu, kalau digantikan bajaj, bisa nampung lima motor. Tahun lalu ditarik Rp2.000 sekali angkut penumpang, sekarang naik Rp5.000. Kita mau lawan juga mereka 'diayomi' sama petugas," kata AR.

Halaman:

Editor: Tatang Adhiwidharta

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x