Jakarta Jadi Ibu Kota Legislatif, IKN Ibu Kota Negara Eksekutif

- 19 Maret 2024, 15:22 WIB
Jakarta Jadi Ibu Kota Legislatif, IKN Ibu Kota Negara Eksekutif
Jakarta Jadi Ibu Kota Legislatif, IKN Ibu Kota Negara Eksekutif /Pixabay/Syaibatul Hamdi/

KabarDKI.com - Jakarta jadi Ibu Kota Legislatif sempat terungkap pada rapat pembahasan RUU DKJ, hal itu disebut oleh Ketua Badan Legislasi (Baleg) DPR RI Supratman Andi Agtas. Mengingat seusai Jakarta tidak lagi menjadi ibu kota negara ke depannya.

"Tadi usulan-nya progresif sekali malah (Anggota Baleg) Pak Hermanto, 'Boleh enggak ibu kota dibagi menjadi tiga?' Ada ibu kota legislatif supaya ibu kota legislatif itu di Jakarta," kata Supratman saat memimpin rapat panitia kerja (Panja) RUU DKJ di Kompleks Parlemen, Jakarta, Jumat (15/3/2024).

Baca Juga: Polemik RUU DKJ Temui Titik Terang, Gubernur Jakarta Tetap Lewat Jalur Pilkada

Gagasan Jakarta Jadi Ibu Kota Legislatif

Supratman menilai bahwa dalam tataran diskursus, gagasan untuk menjadikan Jakarta sebagai ibu kota legislatif tersebut sebagai sesuatu yang baik.

"Menurut saya, itu sebuah ide dalam diskursus yang kita bangun itu bagus, mungkin ada nanti ibu kota yang yudikatif. Sehingga semua lembaga pengadilan di situ suatu saat, misal," ujarnya.

Praktis dengan Jakarta tetap menjadi ibu kota legislatif, masyarakat akan lebih efektif dan efisien dalam menyampaikan aspirasi ketimbang harus menyampaikan secara langsung ke IKN.

Sebelumnya, Anggota Baleg DPR RI Hermanto mengusulkan agar ibu kota dibagi ke dalam tiga kluster, yakni ibu kota eksekutif, legislatif, dan yudikatif. Usulan itu ia sampaikan agar fungsi ibu kota negara itu memiliki optimalisasi dengan fungsinya masing-masing.

Baca Juga: Setelah Jakarta Tidak Berstatus DKI Pemerintah Bentuk Dewan Regional untuk Urus DKJ

Hermanto mengusulkan agar kekhususan yang melekat pada Jakarta ialah dengan menjadi ibu kota legislatif, usai ibu kota negara berpindah ke IKN. Sebaliknya, IKN menjadi ibu kota negara eksekutif.

Halaman:

Editor: Tatang Adhiwidharta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x