Pertamina dan Kemenparekraf Gagas Temu Bisnis KENAROK X SMEXPO, Dorong Pertumbuhan UMKM

- 8 Maret 2024, 16:31 WIB
Pertamina dan Kemenparekraf Gagas Temu Bisnis KENAROK X SMEXPO, Dorong Pertumbuhan UMKM
Pertamina dan Kemenparekraf Gagas Temu Bisnis KENAROK X SMEXPO, Dorong Pertumbuhan UMKM /Pertamina

KabarDKI.com-Untuk lebih mendorong pertumbuhan UMKM Indonesia, PT Pertamina (Persero) Kembali berkolaborasi  dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dalam menggelar Temu Bisnis KENAROK (Kemitraan Nasional Rantai Pasok) XSMEXPO pada 7-9 Maret 2024 di Tunjungan Plaza 6 Surabaya.

UMKM berkontribusi 61% terhadap PDB dan menyerap 97% tenaga kerja di Indonesia, hal ini menjadi fokus kolaborasi.

Baca Juga: Indonesia Kirim Bantuan 10 Juta Dosis Vaksin Polio untuk Rakyat Afghanistan

“Dalam kesempatan ini, saya ingin menyampaikan bahwa target jumlah kunjungan wisman tahun 2024 telah ditetapkan antara 11 juta hingga 16 juta kunjungan. Keberhasilan mencapai target tersebut memerlukan dukungan dari semua pihak karena keterkaitannya yang tak terpisahkan dengan ekonomi kreatif,“jelas Sandiaga Uno saat pembukaan acara secara hybrid.

Sandiaga Uno menambahkan pentingnya peningkatan produk unggulan sebagai penambah nilai dan daya saing pariwisata, guna memperkuat sinergitas antara ekonomi pariwisata dan ekonomi kreatif.

 “Hal ini dapat memperkuat sinergi antara ekonomi pariwisata dan ekonomi kreatif dengan fokus pada pengembangan produk unggulan, hingga dapat memperluas pasar pariwisata dan menciptakan peluang baru bagi industri kreatif,” tuturnya.

Selain B2B Business Matching yang mengundang potensial buyer berasal dari pelaku usaha besar dan asosiasi usaha, kegiatan diisi dengan bisnis forum yang menghadirkan narasumber ahli untuk sharing dan diskusi, B2C Ekraf Expo yang berisi penjualan produk secara retail kepada pengunjung umum, serta kegiatan Performance Show yang menampilkan seni pertunjukan unggulan daerah.

Baca Juga: Ramadan, Menaker Himbau Pegawai Tidak Loyo dan Ingatkan Pekerja Jangan Telat Bayar THR

Kegiatan dihadiri oleh 58 UMKM dan 150 industri pariwisata serta ritel, dimana 15 UMKM dintaranya merupakan UMKM binaan Pertamina yang berasal dari Jawa Timur. UMKM tersebut antara lain Rasyida Alam, Namine Goni, Dian Art, UD. Dede Satoe, UD. Persada Utama Mandiri, Gunung Lirang 2, CV Bumi Agro Indonesia, Rati Collection, Viera Collection, Roemah Kebaya Afiti, Bantal Moker, Adi Jaya Rambak, Koleo Coffe, Batik Cempaka, dan R Khan Art Studio.

Halaman:

Editor: Oktafian Wahyu Nugroho


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x