Cegah Beras Langka, Pemprov DKI Jakarta Distribusikan 15 Ribu Ton Beras Premium ke Wilayah Jabodetabek

- 21 Februari 2024, 11:06 WIB
Cegah Beras Langka, Pemprov DKI Jakarta Distribusikan 15 Ribu Ton Beras ke Wilayah Jabodetabek
Cegah Beras Langka, Pemprov DKI Jakarta Distribusikan 15 Ribu Ton Beras ke Wilayah Jabodetabek /Pemprov DKI Jakarta

KabarDKI.com-Pemprov DKI Jakarta mengirimkan 15 juta kilogram (kg) atau 15.000 ton beras secara bertahap untuk memenuhi stok beras bagi warga Jabodetabek.

Pengiriman ini dilakukan Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono secara simbolis, dengan melepas keberangkatan truk pengangkut stok beras tersebut dan memastikan pendistribusian berjalan lancar. 

"Hari ini kita bersama stakeholder terkait memastikan stok beras premium di Pasar Induk Cipinang terjaga ketersediaannya. Sehingga kita bisa mengirimkan 15 ribu ton beras secara bertahap untuk memenuhi kebutuhan warga di seluruh Jabodetabek," ujar Pj. Gubernur Heru di Komplek Pasar Induk Beras Cipinang, Pulo Gadung, Jakarta Timur, Rabu (21/2).

Baca Juga: Resmi Ditutup, Berikut Jalan Alternatif Menuju Stasiun Kereta Cepat Whoosh Halim

Pj. Gubernur Heru menjelaskan, sebanyak 300 ton beras yang diangkut melalui 20 truk mulai didistribusikan hari ini. Hal itu dilakukan untuk memenuhi target yang telah diinstruksikan Presiden Joko Widodo. Adapun stok cadangan beras di Jakarta yang tersimpan saat ini sekitar 30 ribu ton dan akan didistribusikan secara bertahap hingga menjelang Idulfitri 1445 Hijriah. 

"Jadi ini cukup untuk memenuhi kebutuhan ritel modern di sekitar Jabodetabek. Sehingga masyarakat tak perlu khawatir terhadap ketersediaan stok beras. Kita juga memiliki safety stock yang tersimpan di Food Station yaitu sekitar 30 ribu ton beras. Kami mengimbau agar masyarakat lebih bijak untuk membeli kebutuhan berasnya. Kira-kira 10 kilogram cukup untuk kebutuhan keluarga selama sebulan," jelas Pj. Gubernur Heru. 

Baca Juga: Jumlah Kasus Petugas Pemilu 2024 yang Alami Gangguan Kesehatan, Terbanyak di Jakarta Selatan

Sementara itu, Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (APRINDO) Roy Nicholas Mandey mengungkapkan, apresiasi kepada Pemprov DKI Jakarta atas inisiasinya untuk bersinergi dalam pemerataan distribusi stok pangan beras kebutuhan warga Jabodetabek melalui ritel modern. Ia mengatakan, pihaknya akan mengoptimalkan pendistribusian hingga panen raya pada akhir Maret 2024. 

"Kita bersama-sama mengupayakan ketersediaan stok beras melalui distribusi ritel modern, sehingga warga bisa menggunakannya untuk berbelanja. Kami juga sudah berkoordinasi bersama seluruh anggota APRINDO, yaitu Alfamart, Indomaret, Superindo, Hypermart, dan berbagai macam retail modern lainnya untuk menjaga harga eceran tertinggi yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. Untuk itu, kami berharap masyarakat dapat berbelanja dengan wajar dan normal karena stok beras masih tersedia," ungkap Roy.***

Editor: Oktafian Wahyu Nugroho


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x